Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin

Authors

Intan Lestari , Sudi Prayitno , Baidowi , Sripatmi

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2639

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Pemahaman Konsep, Jenis Kelamin, Bangun Ruang Sisi Datar.

Articles

Downloads

How to Cite

Lestari, I. ., Prayitno, S. ., Baidowi, & Sripatmi. (2023). Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2639

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Kemampuan spasial penting dalam mempelajari geometri bangun ruang. Seseorang yang memiliki kemampuan spasial yang baik akan mudah membayangkan benda dalam dimensi tiga. Faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan kemampuan siswa, salah satunya ialah perbedaan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik tahun ajaran 2021/2022 pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Masbagik yang berjumlah 320 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel penelitian ini berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pemahaman konsep dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji aiken’s V dan uji deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa perempuan berkategori tinggi sebanyak 9,37%, berkategori sedang sebanyak 50% dan berkategori rendah sebanyak 3,12%. Sedangkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa laki-laki berkategori tinggi sebanyak 3,12%, berkategori sedang sebesar 18,75% dan berkategori rendah sebesar 15,62%. Perempuan lebih memahami konsep matematika dibandingkan dengan laki-laki, ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang didapat siswa perempuan lebih tinggi yakni 64,00 sedangkan siswa laki-laki hanya 56,69. Serta saat dilakukannya wawancara siswa perempuan lebih dominan dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan peneliti.

References

Ainani, A. F. (2017). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Ditinjau dari Pemahaman Konsep Pada Siswa SMP Kelas VIII. Universitas Negeri Yogyakarta.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa SMA kelas X. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, 12(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arkham. (2014). Penalaran Adaptif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Bangun Ruang Di SMP Negeri 4 Surabaya Berdasarkan Perbedaan Gender. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Citra, D. C. N., Ambarwati, L., & Sampoerno, P. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Van Hiele dan Kecerdasan Spasial terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MAN Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 54-63.

Dewi, Y. M., Sarjana, K., Junaidi., Azmi, Syahrul. (2021). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Mataram. 1 (3), 412-420. https://doi.org/10.29303/griya.v1i3.77

Endrawati, T., & Mallo, B. (2017). Profil proses Berpikir Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Persegi Panjang Ditinjau Dari Perbedaan Gender Di SMP Negeri 15 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(1), 93-103.

Hendriana, & Soemarmo. (2014). Penilaian Pendidikan Matematika. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student ’ s Conceptual Understanding Of Mathematics On Set At Class VII SMP Frater Palopo Conceptual Understanding of Mathematics. Proceedings of ICMSTEA 2016 : International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and Their Applications, Makassar, Indonesia, October, 96–102.

Kesumawati, N. (2017). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang 2017. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6928

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang, 2(5), 347–354. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6517

Khotimah, H., Tyaningsih, R. Y., & Sridana, N. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Aljabar Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Journal of Classroom Action Research, 4(4), 123-130.

Maulana, A., Sripatmi, Junaidi., Kurniati, N. (2020). Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020. GRIYA: Journal of Mathematics Education and Application Universitas Mataram, 1(1), 29-35. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.8

Nasution, N. A., Rosiyanti, H., & Ismah, I. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 85-96.

Nurdianti., Prayitno, S., Amrullah., Kurniati, N. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 1 (4), 610-620. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.119

Prihadi, A., dkk. (2021). Pengaruh Jenis Kelamin Pada Penerapan Model Outdoor Learning Terhadap Motivasi Mahasiswa Geografi IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia STKIP Singkawang, 6(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.26737/jpipsi.v6i1.2097

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis kemampuan spasial pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49-58.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated with Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187-199.

Sari, E. W., Sridana, N., Hayati, L., Hikmah, N. (2022). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis materi sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2 (2), 537-546. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.173

Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Pembelajaran Segitiga Bongkar Pasang dengan Strategi STAD. Journal of Classroom Action Research, 3(1), 7-14.

Sudijono, Anas. (2015). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV Alfabeta.

Suhardin. (2016). Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Dan Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Terhadap Kepedulian Lingkungan. Jurnal Peneltiian Pendidikan Agama dan Keagamaan Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Jakarta, 14(1):117-132. https://doi.org/10.32729/edukasi.v14i1.15

Syaifar, M. H., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 519-532.

Triyadi, R. (2013). Kemampuan Matematis Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Universitas Pendidikan Indonesia

Turmuzi, M., Kurniati, N., Azmi, S. (2021). Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Ditinjau Dari Gender Dan Gaya Belajar. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (1), 25-37. http://dx.doi.org/10.20527.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Intan Lestari, Sudi Prayitno, Baidowi, Sripatmi

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).