Pengembangan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

Herawati , I Made Suwasa Astawa , I Nyoman Suarta , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2640

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Kolase Biji-bijian; Perkembangan Motorik Halus; TK Islam Nuruk Iman

Articles

Downloads

How to Cite

Herawati, Astawa, I. M. S. ., Suarta, . I. N. ., & Astini, B. . N. . (2023). Pengembangan Kegiatan Kolase Biji-bijian Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2640

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya perkembangan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di Tk Islam Nurul iman tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari kegiatan kolase biji-bijian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahunkelompok B Tk Islam Nurul Iman tahun 2022 dan untuk mengetahui  cara memainkan kegiatan kolase biji-bijian untuk mengembangkan motorik halus anak usia 5-6 tahun kelompok B Tk Islam Nurul Iman tahun 2022. Media Pembelajaran Kolase merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan motorik halus pada anak bahkan melatih kognitif anak. Kegiatan menempel adalah salah satu kegiatan yang menarik minat belajar anak karena berkaitan dengan meletakkan dan melekatkan sesuatu sesuka anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang anak dengan jenis kelamin perempuan dan laki-laki pada kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Penelitian menggunakan tiga tahap pengembangan dengan masing-masing tiga kali pertemuan. Hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan I penerapan kegiatan kolase biji-bijian dengan presentase (47,91%) dan terjadi peningkatan pada tahap pada pengembangan II dengan presentase (62,5%) dan pada tahap pengembangan III meningkat dengan jumlah presentase 91,66%. Sedangkan tahap pengembangan motorik halus anak ialah: pada tahap pengembangan I memperoleh nilai presentase sebesar ( 44,31%). Terjadi peningkatan di tahap pengembangan II dengan jumlah presentase sebesar (65,90%) dan pada tahap pengembangan III terjadi peningkatan lagi dengan jumlah presentase (88,35%).  Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kegiatan kolase biji-bijian dapat meningkatkan perkembangan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun setelah kegiatan kolase biji-bijian dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang baik dan benar.

References

Aryana, E. N., Dewi, N. K., & Khair, B. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Membuat Kolase Anorganik. Journal of Classroom Action Research, 2(1), 118-127.

Hurlock, E. B., (2019). Perkembangan Jilid 2 Edisi Enam Belas. Jakarta : Erlangga.

Ilmi , R., & Azmi, A., (2021). Orname Flora Tehnik Kolase Pada Toples Makanan Berbahan Stiker Berdasarkan Prinsip- Prinsip Seni Rupa. Jurnal Of Education, Humaniora and Social Scienes (JEHSS). 4 (2). 50-75.

Mahroni, L. A., & Munawarah, P, A., (2021). Karya Rupa Kolase Kain Flanel Dalam Bingkai. Jurnal Ilmiah Sangkareang Mataram. 8 (2), 74-77.

Nurwita, S., (2019). Pemanfaatan Media Puzzel Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di Paud Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai . 3 (4).803-810.

Nuryana, E., & Reza, M. (2014). Upaya Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Media Kertas Berwarna Pada Kelompok Bermain Putra Bangsa Blanggu. PAUD Teratai, 3(3), 1-6.

Priyama, K. H., (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbatuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Jurnal Agama dan Budaya. 4 (1), 91-99.

Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131-140.

Purba, N., & LAROSA, M. (2016). Meningkatkan Minat Belajar Anak dengan Menggunakan Teknik Kolase dari Bahan Plastik Bekas Jajanan di TK Negeri 1 Pembina Gunungsitoli Selatan TP 2014/2015. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 1-28.

Ramadhan, Mega., (2017). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membentuk Tanah Liat Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Kemala Bhayangkari 01 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Skipsi Universitas Mataram.

Santini, & Nurhikmah., (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Kertas Krep di Tk Pertiwi Losari. Jurnal Universitas Negri Makasar Teknologi Pendidikan. 2 (2), 263-267.

Sugiyono., (2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutini, A. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik anak usia dini melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242-7252.

Yulianto, D., & Awalia, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Kelompok B RA Al-Hidayah Nanggungan Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(2), 118-123.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Herawati, I Made Suwasa Astawa, I Nyoman Suarta, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).