Peningkatan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B

Authors

Nurfani , M.A Muazar Habibi , Nurhasanah , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2735

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Peningkatan Sosial Emosional, Bermain Peran, Boneka Tangan

Articles

Downloads

How to Cite

Nurfani, Habibi, M. M. ., Nurhasanah, & Rachmayani, I. . (2023). Peningkatan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Tangan Anak Kelompok B. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 56–64. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2735

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran menggunakan boneka tangan pada anak kelompok B TK Tunas Bangsa Mataram. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian tindak kelas. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakni 10 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka tangan dengan tahapan pelaksanaan yang terdiri dari pijakan lingkungan main yaitu menyiapkan media pembelajaran, menyiapkan naskah cerita, menata kelas untuk kegiatan pembelajaran; pijakan ssebelum main yaitu menyampaikan tema/sub tema, Tanya jawab terkait tema, mengenalkan boneka tangan pada anak, dan membuat kesepakatan main; pijakan selama main yaitu bercerita dengan boneka tangan, Tanya jawab terkait isi cerita, mengarahkan anak untuk mengulang cerita; pijakan setelah main yaitu menyimpulkan isi cerita, merapikan boneka tangan yang telah digunakan, menanyakan perasaan selama kegiatan. Hal ini melalui tahap prasiklus kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 329 dengan capaian persentase 41,1% dengan kategori mulai berkembang (MB), pada tahap siklus I kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 1.056 dengan capaian persentase 66% dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan tahap siklus II kegiatan bermain peran untuk meningkatkan sosial emosional anak memperoleh skor 1.432 dengan capaian persentase 89,5% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan sosial emosional melalui kegiatan bermain peran dengan menggunakan boneka tangan anak kelompok B di Tk Tunas Bangsa Mataram.

References

Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung:CV. Pustaka Setia

Aeni, I. F., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2023). Implementasi PAUD Holistik Integratif pada TK di Kabupaten Lombok Utara Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 1-11.

Aisyah, S., Amini, M., Chandrawati, T., & Novita, D. (2008). Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. Jakarta: universitas terbuka.

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

Gunarti, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Group.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maria I, dan Amalia E. R. 2016. Perkembangan Aspek Sosial Emosional Dan Kegiatan Pembelajaran Yang Sesuai Untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Artikel

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center For Learning Innovation (CLI).

Mayke S. Tedjasaputra. 2011. Bermain, Mainan Dan Permainan. Jakarta: Universitas Terbuka

Nurjannah, S. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini Di Desa Adi Karya Mulya Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji Tahun 2017. (Doctoral Dissertation, IAIN Metro).

Nurmalitasari. F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23 (2,103-111).

Rahmatiana, F., Astawa, I. M. S., Fahruddin., & Rachmayani, I. (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.

Tadrikotun, M. (2015). Bercerita Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti

Titi Kadarsih. 2016. Penggunaan Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Rinjani Pln Bendege Mataram.

Yani, E. I., Karma, I. N., Oktaviyanti, I., & Witono, A. H. (2022). Identifikasi Keterampilan Sosial Siswa Pada Program Semua Anak Cerdas (SAC). Journal of Classroom Action Research, 4(4).

Yulianti, E., & Rachman, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MODEL TALKING STCIK DENGAN MEDIA FLASH CARD. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 2(3), 1-9.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep siswa yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

License

Copyright (c) 2023 Nurfani, M.A Muazar Habibi, Nurhasanah, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).