Pemetaan Gaya Mengajar Guru Dalam Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak

Authors

Ines Kurnila Sari , Abdul Khadir Jaelani , Fahruddin , Ika Rachmayani

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2811

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Gaya mengajar, Bahasa keaksaraan, Perkembangan

Articles

Downloads

How to Cite

Sari, I. K. ., Jaelani, A. K. ., Fahruddin, & Rachmayani, I. . (2023). Pemetaan Gaya Mengajar Guru Dalam Perkembangan Bahasa Keaksaraan Anak. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 95–100. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2811

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak TK di Kecamatan Ampenan. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan metode survei. Subyek penelitian ini adalah 30 guru dan anak dari 8 lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji keabsahan data dan uji credibility. Adapun hasil penelitian pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak pada 8 lembaga. Hasil data penelitian menunjukan bahwa gaya mengajar klasik sebesar 71,66%, gaya mengajar teknologis sebesar 61,33%, gaya mengajar personalisasi sebesar 46,63%, dan gaya mengajar interaksional sebesar 67,77%. Sedangkan hasil data penelitian menunjukan bahwa perkembangan bahasa keaksaraan pada simbol huruf sebesar 54,16%, kelompok gambar sebesar 29,99 %, dan menulis nama sendiri sebesar 65,55%. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian bahwa pemetaan gaya mengajar guru dalam perkembangan bahasa keaksaraan anak TK di Kecamatan Ampenan lebih sering menggunakan gaya mengajar klasik dengan memperoleh hasil intensitas sering dan perkembangan keaksaraan anak dalam menulis nama sendiri dengan memperoleh hasil intensitas berkembang .

References

Ali. (2010). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Aprianti, E., Nafiqoh, H., & Rohaeti, E. E. (2019). Metode Pembelajaran Bermain Kartu Kata Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Di Tk Tridaya Cimahi. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 16-23.

Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.

https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.673

Izzah Baedatul (2022). Pemetaan Cara Pengembangan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Wanasabah Kabupaten Lombok Timur.

Kartini, A. S. (2020). ANALISIS KEGIATAN PENGEMBANGAN PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA ANAK TK SANTA MARIA SINTANG. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 41-47.

Ma’ruf, E. N., & Syamsudin, A. (2021). Perspektif orang tua terhadap pelaksanaan les calistung di masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 430-444.

Makki Muhammad, Sudirman Sudirman, Muhammad Tahir, Abdul Kadir Jaelani (2021). Kinerja Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kota Mataram. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.294

Nafiqoh, H., Aprianti, E., & Rohaeti, E. E. (2019). Peningkatan Keaksaraan Awal dan Pengenalan Kemampuan Berhitung Dasar Anak Usia Dini dengan Menggunakan Model Maya Hasyim. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Nurbaiti, N., & Yaswinda, Y. (2021). Hubungan Pembelajaran Sains dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Anakku Sayang Kecamatan X Koto Singkarak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1795-1802.

Nurhasanah, dkk (2021/2022). Pengembangan Metode Mendongeng Menggunakan Multimedia Untuk meningkatkan Kemampuan Bahasa anak Kelompok Bdi Tk Rinjani Unram tahun Pelajaran 2020/2021. 279-286. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/713

Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan abjad pada anak usia dini melalui media kartu huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51-66.

PAUD, A. (2016). Keaksaraan Awal. http://anggunpaud.kemendikbud.go.id.

Permendiknas. (2019). Perkembangan Kemampuan Keaksaraan. PAUD Jateng.

Rahayu, Dwi Istati dkk (2018). Pemetaan Kompetensi Guru Paud Se Pulau Lombok Tahun 2018. https://doi.org/10.47165/jpin.v2i1.62

Sari, F. D., & Simatupang, N. D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Papan Flashcard Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Kelompok A TK Putra Airlangga Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3).

Sugiati, S., Hajerah, H., & Hafsah, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf TK Muslimat Nu 5 Kartini Turen Kab. Malang Jawa Timur. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 4(2), 361-368.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, Dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Suparman. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book.

Thoifori. (2013). Belajar Dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya.

Wahyuningsi Sri, I Nyoman Karma, Abdul Kadir Jaelani (2022). Pengaruh Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI SDN Gugus III Sekarbela Mataram

Wiyani, dkk (2012). Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

License

Copyright (c) 2023 Ines Kurnila Sari, Abdul Khadir Jaelani, Fahruddin, Ika Rachmayani

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).