Layanan Orientasi Tentang Tata Tertib Dan Perilaku Disiplin Siswa

Authors

Baiq Nopi Rosiani , Ida Bagus Kade Gunayasa , Heri Hadi Saputra

DOI:

10.29303/jcar.v5i1.2869

Published:

2023-05-17

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Keywords:

Layanan Orientasi, Tata Tertib, Perilaku Disiplin.

Articles

Downloads

How to Cite

Rosiani, B. N. ., Gunayasa, I. B. K. ., & Saputra, H. H. . (2023). Layanan Orientasi Tentang Tata Tertib Dan Perilaku Disiplin Siswa . Journal of Classroom Action Research, 5(1), 171–177. https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2869

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Layanan orientasi adalah bimbingan yang diberikan oleh guru kelas kepada siswa yang baru memasuki lingkungan baru dalam rangka mempermudah dan memperlancar peserta didik di lingikungannya. Seperti sekolah, kelas baru, dan tata tertib sekolah yang isinya dalam bentuk tata tertib atau peraturan yang di tetapkan oleh sekolah agar siswa menaati dan melaksakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana layanan orientasi tentang tata tertib dan perilaku disiplin siswa kelas VI SDN 1 Wanasaba Daya. Penelitian ini merupakan jenis deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VI SDN 1 Wanasaba Daya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Layanan orientasi diberikan kepada siswa baru d SDN 1 Wanasaba Daya siwa mampu menesesuaikan diri dengan kelas baru, mengetahui tata tertib dan aturan sekolah, paham mengenai cara belajar, peraturan kelas menekan terjadinya kesalahan baik itu dari sisi guru maupun siswa pada saat proses pembelajaran. Keselahan dapat terjadi pada saat belajar seperti hal yang berhubugan dengan perilaku, gaya belajar, dan kemampuan akademik siswa. (2) siswa perlu diberi informasi mengenai cara belajar, disiplin sekolah dan bagaimana memanfaatkan waktu belajar baik disekolah maupun dirumah agar nantinya siswa memiliki kedisiplinan yang tinggi. Ada  siswa yang yang selalu sering berjajalan-jalan pada saat jam pelajaran, tidak pemperhatikan guru saat pembelajaran, lupa tentang sesuatu yang telah di pelajari dan sering menggangu teman saat di dalam kelas.(3) Cara guru menanamkan disiplin pada siswa melalui peraturan dan pemberian hukuman. Bentuk peraturan yang dilakukan guru siswa tidak boleh datang terlambaat dan siswa berpakaian rapi. Bentuk hukuman ang dilakukan guru di dalam kelas, saat siswa melanggar peraturan sekolah siswa akan diberi hukuman membersihkan kelas sampai bersih.

References

Arikunto, Suharsini, 2014. “Penelitian Tindakan Kelasâ€, Jakarta: PT Bumi Aksara

Djumhur, dan Surya, M. 1975. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV ILMU.

Hadi, Sutrisno. 2015. Statistik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Hurlock B Elizabeth, 1987. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Hallen, 2005. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Qunantun Teaching.

Irham, M. Dan Wiyani, N. A. 2014. Bimbingan Konseling Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Prayiono. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono, 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabela.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya.

Tu’u, Tulus, 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yusuf Syamsu, 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press

Willis, Sofyan S. 2011. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

License

Copyright (c) 2023 Baiq Nopi Rosiani, Ida Bagus Kade Gunayasa, Heri Hadi Saputra

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

  • Authors who publish with Journal of Classroom Action Research, agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC-BY License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Journal of Classroom Action Research.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).