Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Pengenalan Kosakata dan Kalimat Bahasa Inggris Bertema Lingkungan pada Anak Usia Dini di Desa Tanggap Bencana

-

Penulis

Santi Farmasari , Amliaya Putri , Nur Asia , I Gde Kusmananda Satya Narayana , Euis Zian Safitri , Muliati , Vania Madeline Sayuna

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i2.1493

Diterbitkan:

2022-04-12

Terbitan:

Vol 5 No 2 (2022): April-Juni

Kata Kunci:

Community service, Gelangsar Village, English classes, Young Children, prevention, survival, disasters.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Farmasari, S., Putri, A. ., Asia, N. ., Narayana, I. G. K. S. ., Euis Zian Safitri, Muliati, & Sayuna, V. M. . (2022). Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Pengenalan Kosakata dan Kalimat Bahasa Inggris Bertema Lingkungan pada Anak Usia Dini di Desa Tanggap Bencana: -. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 13–17. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1493

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This community service was conducted in Gelangsar Village, West Lombok. Gelangsar Village is one of disaster-prepared villages in West Lombok District of West Nusa Tenggara Province. The village is also appointed as one of tourism villages in West Lombok. The community service was aimed at educating young children about the importance of preserving their local environment to prevent detrimental disasters. The education about environment was integrated in the English informal classes by introducing English vocabularies and sentences related to environment issues. The English classes were impossible to be conducted without the supports and assistances from the head of the village and the children’s parents. The supports and assistances provided for theEnglish classes were evidences of the villagers’ awareness of the importance of educating the children about the disaster risks in their village and educating them about some strategies to prevent disasters through English.

Referensi

Aida, S., Suprapti, A., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol. 3 (2), 56-63. Diakses tanggal 20 Januari 2022 dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/2297/2688

Ardy, W. N. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media

Farmasari, S. (2014). Building positive attitude in English for young learners classes: Some practical examples. 61st TEFLIN Conference 1 (1), 224-229. Diakses pada tanggal 12 Desember 2021 dari https://www.academia.edu/34809251/Proceeding_The_61_TEFLIN_International_Conference_2014_hermayawati_pdf?auto=download

Farmasari, S., Ramadhan, M., Putri, A., Hasni, Z. A., Nurfitriani., Narayana, I. G. K. S & Asia, N. (2022). Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Longsor di Desa Gelangsar Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.1354

Ginting, A. H., & Wijayanto, T. D (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Tangguh Bencana Di Kabupaten Kutai Kartanegara. TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan 11(2), 42-57. Retrieved from http://ejournal.ipdn.ac.id/JTP/artcle/view/695

Kompasiana, Mahasiswa KKN Menggandeng BPBD Tanjung dalam Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam di Aula Desa Selengen, 2021. https://www.kompasiana.com/kknplpdesaselengen/61cd228b9bdc401e1e3f3084/mahasiswa-kkn-menggandeng-bpbd-dalam-sosialisasi-mitigasi-bencana-alam-di-aula-desa-selengen

Manyoe, I.M. & Hutagalung, R. (2020). Optimalisasi Potensi Wisata dan Pengurangan Risiko Bencana di Desa Lupoyo dan Desa Pentadio Barat untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Daerah Dataran Danau Limboto. https://repository.ung.ac.id/get/singa/1/2212/Optimalisasi-Potensi-Wisata-dan-Pengurangan-Risiko-Bencana-di-Desa-Lupoyo-dan-Desa-Pentadio-Barat-untuk-Mendukung-Pembangunan-Berkelanjutan-Daerah-Dataran-Danau-Limboto-Kabupaten-Gorontalo.pdf

Nurjanah, A.P. & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 2020, Vol. 5 (1), 1-7. Diakses tanggal 21 Januari 2022 dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasih sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasih bencana. Jurnal pendidikan ilmu sisial, 29(1), 49-55

Sujana, I.W.C. (2019). Jurnal Pendidikan Dasar

Volume. 4, (1) http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW. Diakses tanggal 2 Januari 2022.

Biografi Penulis

Santi Farmasari, FKIP Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

Lektor/IIId

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).