Sosialisasi Tentang Tumpeng Gizi Seimbang untuk Menunjang Perilaku Hidup Sehat

Penulis

Kusmiyati , Dewa Ayu Citra Rasmi , Prapti Sedijani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i3.2050

Diterbitkan:

2022-09-05

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

tumpeng gizi seimbang, perilaku hidup sehat

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati, Dewa Ayu Citra Rasmi, & Prapti Sedijani. (2022). Sosialisasi Tentang Tumpeng Gizi Seimbang untuk Menunjang Perilaku Hidup Sehat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 235–241. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i3.2050

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tumpeng gizi seimbang merupakan pedoman bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan. Hasil Riskesdas 2018 menunjukkan 1 dari 10 anak kurus, 1 dari 5 anak mengalami obesitas dan 1 dari 4 anak sekolah dasar menderita anemia. Prevalensi status gizi (IMT/U) anak usia 5-12 tahun di NTB adalah: sangat kurus 3 %, kurus13,2%, normal 11,5%, gemuk 5,4 % dan obesitas 3,9 %. Kondisi ini menunjukkan pentingnya pendidikan gizi di sekolah, terutama di Sekolah Dasar. Sasaran pengabdian ini adalah siswa kelas tinggi SDN 1 Sesela Kecamatan Gunungsari Lombok Barat. Tujuan  kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan pemahaman tentang tumpeng gizi seimbang untuk menunjang perilaku hidup sehat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan praktek menyusun menu gizi seimbang, serta dilakukan pretes dan postes tentang tumpeng gizi seimbang. Pelaksanaan pengabdian ini berjalan  lancar berkat dukungan dari pihak sekolah, dengan memberikan kesempatan dan memfasilitasi tim pengabdian, meskipun masih di awal pembelajaran tahun ajaran 2022/2023. Pelaksanaan pengabdian diikuti oleh semua siswa kelas 6 yang berjumlah 23 siswa. Siswa yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan penuh tanggung jawab, semua mengikuti tes awal (pretes) dan tes setelah penyampaian materi (postes) dengan penuh semangat dan disiplin. Hasil penghitungan gain ternormalisasi sebesar 0,45. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah: (1), Pengetahuan siswa tentang tumpeng gizi seimbang untuk menunjang perilaku hidup sehat  meningkat dengan kategori sedang; (2). Memaksimalkan pemanfaatan dan penerapan informasi tumpeng gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari akan menunjang perilaku hidup sehat.

Referensi

Anonim. 2021. Memahami Konsep Piramida Makanan Sehat Gizi Seimbang. https://reafood.co.id

Anonim. 2019. Stunting hingga obesitas masih menghantui di tahun 2019. https://fkui.ac.id/info sehat/stunting hingga obesitas

Anonim.2018. Hasil riskesdas 2018 status gizi sangat pendek dan pendek. https://kesmas.kemkes.go.id

Anonim.2019. Laporan Nasional Riskesdas 2018 Kemenkes RI Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Menkes RI. 2014. PMK RI no 41 tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang.

Munawaroh, I. 2019. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan, PPG Daljab, Jakarta

Muchtadi, D. 2008. Pengantar Ilmu Gizi. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta.

Pujiriyanto. 2019. Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21, PPG Daljab. Jakarta

Rasnaya. 2022. Pemenuhan Kebutuhan Gizi Seimbang Dengan Panduan Piring Makan. www:klikdokter.com.gaya hidup.diet – nutrisi

Rokom, 2018, Potret Kesehatan Indonesia dari Riskesdas 2018. https://sehat negriku kemkes go.id

Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Sibagariang, E.2010. Gizi Dalam Kesehatan Reproduksi. Trans info media. Jakarta.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).