Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus

Penulis

Hadratullaili , Arisya Widyadhari

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2689

Diterbitkan:

2023-02-21

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Picture and picture; Hasil belajar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Hadratullaili, & Widyadhari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 89–93. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2689

Abstrak

Model pembelajaran picture and picture adalah model pembelajaran berbasis gambar untuk membantu siswa memahami konsep dan materi secara efektif dengan mengurutkan gambar sesuai dengan pasangannya atau menempatkannya dalam urutan yang logis. Adapun beberapa tahapan dari penelitian ini yaitu tahapan persiapan, tahap materi ajar,tahapan deskripsi materi ajar, media dan evaluasi. Ketercapaian nilai ulangan siswa pada kelas X IPA 2 dengan nilai rata-rata 80, dimana KKM adalah 70, yang disebabkan karena kesesuaian model pembelajaran pada proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi hasil belajar antara lain factor internal (dari siswa itu sendiri) dan factor eksternal (dari lingkungan sekolah). Hasil yang dicapai dari model pembelajaran picture and picture adalah adanya peningkatan kemampuan menyimak, mengingat dan menceritakan kembali melalui pengurutan gambar sesuai alur cerita. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi virus.

Referensi

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi. Cibinong : Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.

Darmawan, Putu dan Diana Kristanti. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu. Jurnal Pendidikan Agama Kristen. Volume 5. No. 1. ISSN 2620-9926.

Winahyu. 2007. Perkembangan Sains: Suatu Telaah Atas Pendekatan Paradigma Baru. Jurnal Ilmu Hukum.

Chatib., dan Munif. 2010. Sekolahnya Manusia (Sekolah Berbasis Multple Itelligences di Indonesia. Bandung : Kaifa

Nabilah, Tasya. 2019. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Journal homepage. Volume 2. No. 1. ISSN: 2722-637.

Naila, Rofi’ati., Herlina, Lina., dan Sumadi. (2014). Penerapan Model Pencapaian Konsep Berbantu Kartu Bergambar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sel SMA. Unnes Journal of Biology Education. Volume 3. No. 2.

Ramadhani, Renni. 2017. Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan. ISSN: 2549-5976.

Sasmita, G. S. 2015. Penerapan Model Membelajaran Kooperatif Ttipe Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa di Kelas XI IPA 1 SMA N 3 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015â€. Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. No. 1.

Shohimin, A. 2016. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Ulfa, Nofiana., Arifin, Zainal., dan Wijayanti, Arfilia. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dengan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana. Journal for Lesson and Learning Studies. Volume 2. No. 2. ISSN : 2615-7330.

Usman, U. 2003. Menjadi guru profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).