Pengembangan Dokumen Mutu Pascasarjana Unram untuk Menunjang Penguatan SPMI dan SPME

Penulis

Joni Rokhmat , Muh Makhrus , Fuad Tamami , Miqro’ Fajari Lathifah

DOI:

10.29303/jpmpi.v6i1.2981

Diterbitkan:

2023-02-19

Terbitan:

Vol 6 No 1 (2023): Januari - Maret

Kata Kunci:

Dokumen mutu, PPEPP, tahapan penetapan, pascasarjana Unram

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rokhmat, J. ., Makhrus, M. ., Tamami, F. ., & Lathifah, M. F. . (2023). Pengembangan Dokumen Mutu Pascasarjana Unram untuk Menunjang Penguatan SPMI dan SPME. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i1.2981

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan menetapkan dokumen mutu Pascasarjana Universitas Mataram yang terdiri atas kebijakan mutu, manual mutu, standar mutu, formulir mutu, dan standar input-proses-output sehingga menjadi dokumen mutu legal sebagai bagian dari penyelenggaraan pendidikan yang menganut tahapan PPEPP. Metode: proses analisis dan identifikasi keempat dokumen mutu, peninjauan kembali isi setiap dokumen mutu dengan melibatkan stackholder internal dan eksternal, dilanjutkan perumusan dan pemeriksaan akhir, dan diakhiri proses penetapan. Hasil:  urutan penetapan: (1) Perumusan dan pengendalian oleh Ketua Gugus Penjaminan Mutu; (2) Pemeriksaan isi, format, dan bahasa oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan; (3) Persetujuan oleh (a) Ketua Majelis Pertimbangan Pascasarjana: serta (4) Penetapan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Mataram. Setelah ditetapkan, dikeluarkan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana Universitas Mataram sehingga dokumen mutu menjadi dokumen legal. Selanjutnya, dokumen mutu legal ini menjadi acuan bagi penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Pascasarjana Universitas Mataram. Rekomendasi: Dokumen mutu legal perlu secara berkala di-update mengingat tuntutan kebutuhan penyelenggaraan pendidikan yang dinamis.

Referensi

Husein, M. F., 2021. PENTINGNYA OUTCOME

BASED EDUCATION DALAM

AKREDITASI/ SERTIFIKASI

INTERNASIONAL. PPT presentasi

sosialisasi akreditasi/sertifikasi AUNQA.

No name, 2021. Outcome Based Education System.

Diakses tanggal 30 April 2021 melalui

URL:

https://www.bing.com/search?q=outcome

+based+education+obe&cvid=2a5d477a4

e14252b6e462d1268f2fe2&aqs=edge.1.

l7.11816j0j4&FORM=ANAB01&PC=

U531

Sasongko, Dwiwahju, 2019. Akreditasi Program

Studi, Pedoman Penilaian. Jakarta:

BAN-PT, Majelis Akreditasi

Sunarpi, 2016. Rencana Induk Penelitian (RIP)

Universitas Mataram Tahun 2016-2020.

Mataram: Unram Press.

Ali, Muhamad, dkk (2022). Rencana Induk

Penelitian Universitas Mataram 2020-

Mataram: LPPM Unram Press.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).