Pelatihan Penggunaan WhatsApp Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru di SMPN 1 Labuapi Lombok Barat

Penulis

Muhammad Turmuzi , Nurul Hikmah , Eka Kurniawan

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.1918

Diterbitkan:

2022-08-08

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Pelatihan, WhatsApp, Pembelajaran Daring

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Turmuzi, M., Hikmah, N., & Kurniawan, E. (2022). Pelatihan Penggunaan WhatsApp Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru di SMPN 1 Labuapi Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.1918

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan pelatihan pembelajaran daring menggunakan aplikasi WhatsApp di SMPN 1 Labuapi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, studi kasus, dan metode penugasan. Tahap pertama, metode ceramah digunakan untuk menjelaskan dan memberi pemahaman teori-teori, prinsip-prinsip, dan konsep-konsep melalui pemberian contoh-contoh terkait media-media pembelajaran berbasis online atau daring. Tahap kedua, studi kasus, yaitu guru-guru diberikan kasus-kasus atau permasalahan yang ada pada pembelajaran. Tahap ketiga, guru-guru diminta atau ditugasi untuk menganalisis kasus atau permasalahan pembelajaran. Tahap keempat, tugas peserta dikomunikasikan kepada peserta pelatihan untuk diperhatikan dan dicermati. Tahap kelima, untuk mengetahui pendapat para guru terkait penggunaan WhatsApp dalam pembelajaran daring, Tim Pengabdian memberikan angket isian untuk dinilai dan dipresentasikan hasilnya. Dari hasil angket yang diisi oleh guru dapat disimpulkan bahwa untuk mempermudah pembelajaran secara daring, sebanyak (95%) responden menyatakan bahwa Grup WhatsApp efektif untuk digunakan dalam pembelajaran daring. Proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, terlebih saat pandemi COVID-19, sangat membantu guru dalam menjelaskan materi kepada para peserta didiknya. Pembelajaran dengan cara seperti ini dapat dilakukan di mana saja tanpa terkendala terkait waktu dan ruang.

Referensi

Agung, N. F., & Rohman, T. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp. AL-ABHATS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6.

Bensulong, A., Afifah, F. N., & Solikhah, I. Z. (2021). Penggunaan Whatsapp dan Google form Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK N 2 Sewon Bantul. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 85–90.

Bhagaskara, A. E., Afifah, E. N., & Putra, E. M. (2021). Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Berbasis WhatSapp di SD Yapita. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 2(1), 13–23.

Gunawan, & Ni Made Yeni, S. F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. 1(2), 61–70.

Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada PAUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126–130.

Khusaini, K., Suyudi, A., Winarto, W., & Sugiyanto, S. (2017). Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 4(1), 1. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6462

Maulida, D., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Akhwani. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring Melalui Grup Whatsapp pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3334–3341. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN AR-RANIRY Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122–133.

Purwanto, A., Asbari, M., Cahyono, Y., & Fahlevi, M. (2020). Impact of Work From Home (WFH) on Indonesian Teachers Performance During the Covid-19 Pandemic : An Exploratory Study. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6235–6244. https://www.researchgate.net/publication/341413246

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Putriyani, S. (2021). Pekatihan pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp bagi guru SMP. Maspun Journal of Community Empowerment, 3(1), 49–53.

Sa’diyah, H., & Alfian, M. I. (n.d.). Whatsapp Small Groups Sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam Di Masa Daring. ARABIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13(1), 1–22.

Sa`diyah, H. (2019). Upaya Menumbuhkan Self-Confidence Berbicara Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Grup Whatsappe. Jurnal Al Mi’yar, 2(2), 149–164. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.119

Turmuzi, M., Dasing, A. S. H., Baidowi, & Junaidi. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Secara Online ( E-Learning ) Selama Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(3), 900–910.

Turmuzi, M., Hayati, L., Hikmah, N., Kurniawan, E., & Hamdani, D. (2021). Persepsi Guru Sekolah Menengah Pertama terhadap Penggunaan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi COVID-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4847–4857. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1571

Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1512–1523.

Utomo, S. W. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Utilization of Whatsapp Application on Problem-based Learning for. Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 203–204. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Documents/286891-pemanfaatan-aplikasi-whatsapp-pada-pembe-2bc25496.pdf

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur, 513–521. http://hdl.handle.net/11617/9144

Biografi Penulis

Muhammad Turmuzi, Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).