Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penjualan Batu Bata Merah Untuk Meningkatkan Penjualan Masyarakat di Desa Lenek Ramban Biak

Penulis

Immy Suci Rohyani , Amir Manggala P , Rihal Hayati , Sonia Fahira , Wiwik Indrawati , Debi Jihan Umaira M , Doni Kusuma W. N , Dwi Rahayu Lestari , Hidayatulloh , Safera Ourlita S , Samsul Hadi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i3.2008

Diterbitkan:

2022-08-29

Terbitan:

Vol 5 No 3 (2022): Juli - September

Kata Kunci:

Sosialsisasi,Batu bata, media sosial

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rohyani, I. S. ., Manggala P, A. ., Hayati, R. ., Fahira, S. ., Indrawati, W. ., Umaira M, D. J. ., … Hadi, S. . (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Dalam Penjualan Batu Bata Merah Untuk Meningkatkan Penjualan Masyarakat di Desa Lenek Ramban Biak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(3), 125–129. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.2008

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Batu bata adalah bahan bangunan yang telah lama dikenal dan umum digunakan olehmasyarakat seiring dengan peningkatan jumlah dan laju perkembangan penduduk. Batu batamerupakan material yang terbuat dari tanah liat dengan atau tanpa campuran tambahan (additive) yang melalui beberapa proses dan tahapan.Sistem penjualan atau pemasaran pembuatan batu bata di desa Lenek Ramban Biak masih dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu penjualan langsung di lokasi pembuatan, kondisi ini menyebabkan pemasaran batu bata jadi terhambat tidak sebanding dengan jumlah produksi masyarakat. Berdasarkan kondisi tersebut perlu dilakukan upaya pemasaran yang lebih efektif dan efisien sehingga produk lebih dikenal masyarakat salah satunya melalui media social. Langkah awal yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat adalah sosialisasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan media social sebagai wadah untuk pemasaran produk. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan masyarakat dalam pemanfaatan media social untuk promosi dan pemasaran produk, diharapkan semakin dikenalnya produk masyarakat sehingga nilai produk batu bata yang dipasarkan bisa lebih meningkat.

Referensi

Kewirausahaan dan UMKM, https://scholar.google.com,Yayasan KitaMenulis, 2020.

Jurnal Skripsi, Analisis Bauran Pemasaran dalamUsaha MeningkatkanVolume Penjualan Batu

BataMerah UD. Salsabila Multi

Service Pelaihari,https://scholar.google.com, RizaFauzan, cetakan tahun 2019.Manajemen

Pemasaran, Farida Yulianti, S.E., M.M.Lamsah, S.E., M.M.

Periyadi, S.E., M.Mhttps://scholar.google.com,cetakan tahun 2019.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).