Penyuluhan Tentang Kenakalan Dan Penanganannya Di Smp Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat

Penulis

Muhammad Mabrur Haslan , Rispawati , Ahmad Fauzan , Yuliatin , Basariah

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i4.2501

Diterbitkan:

2022-12-11

Terbitan:

Vol 5 No 4 (2022): Oktober-Desember 2022

Kata Kunci:

Kenakalan Remaja dan Penanganannya.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Haslan, M. M. ., Rispawati, Fauzan, A. ., Yuliatin, & Basariah. (2022). Penyuluhan Tentang Kenakalan Dan Penanganannya Di Smp Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2501

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan agar khalayak sasaran, yaitu siswa SMPN 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat dapat:memahami faktor-faktor penyebab terjadinya kenakalan remaja di kalangan siswa, memahami dampak fisik dan psikis terjadinya kenakalan remaja di kalangan siswa, memahami upaya penanganan kenakalan remaja di kalangan siswa. Metode pelaksanaan kegiatan adalah penyluhan dan FGD. Metode penyuluhan digunakan untuk memberikan informasi atau pengetahuan informasi tentang faktor-faktor penyebab dan dampak terjadinya kenakalan remaja di kalangan siswa di SMP Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat. Sedangkan Focus Group Discussion digunakan dalam rangka mencari solusi atau upaya untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja di kalangan siswa SMP Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut didukung oleh beberapa faktor: (1) urgensi materi yang disampaikan oleh tim pelaksana pengabdian dalam rangka mencegah terjadinya kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat (2) Adanya dukungan dari pihak Kepala SMP Negeri 2 Kabupaten Lombok Barat dan para khalayak sasaran kegiatan. Sementara faktor penghambat tidak menjadi penghalang namun bisa diatasi oleh tim pelaksana pengabdian, sehingga kegiatan pengabdian dapat terlaksana dan mencapai hasil sebagaimana diharapkan.

Referensi

Adon Nasarullah Jamaluddin, 2016, Dasar-Dasar Patologi Sosial, Bandung CV Pustaka Setia.

Ayuningtyas, N., Y. , 2011, MaraknyaKriminalitas Di Kalangan Pelajar. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadlyana, Eddy dan Shinta Larasaty. 2009. "Pernikahan Usia Dini dan Permasalahannya". Sari Pediatri, Vol. 11, No. 2.

Haslan, Muhammad Mabrur, Sawaludin Sawaludin, and Ahmad Fauzan. "Faktor-Faktor Mempengaruhi Terjadinya Perilaku Perundungan (Bullying) pada Siswa SMPN Se-Kecamatan Kediri Lombok Barat." CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 9.2 (2022): 24-29.

Haslan, Muhammad Mabrur, Ahmad Fauzan, and Edy Kurniawansyah. "Penyuluhan Tentang Dampak Perilaku Bullying Bagi Siswa dan Upaya untuk Mengatasinya di SMPN 1 Gerung Kabupaten Lombok Barat." Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 4.4 (2021): 423-430.

Kartini Kartono, 1998, Kenakalan Remaja, PT Raja Grafindo, Jakarta.

Kartini Kartono, 2003, Patalagi Sosial dan Kenakalan Remaja, Jakarta, PT. Raja Grafindo.

Nunung Unayah dan Muslim Sabarisman, 2015, Fenomena Kenakalan Remaja dan kriminalitas, The Phenomenon of Juvenile Delinquency and Criminality, Peneliti Puslitbang Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI Jl. Dewi Sartika No. 200, Cawang III, Jakarta Timur.

Papalia, D.E., Olda, S.W., & Feldman, R.D. 2001. Human Development. New York : McGraw – Hill Companies.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).