Perbedaan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa

Autor(s): Sri Murni, Susilawati Susilawati, Nyoman Sridana
DOI: 10.29303/jpmpi.v1i1.218

Sari

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) perbedaan prestasi belajar antara penggunaan laboratorium real dan laboratorium gabungan real virtual; (2) perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; (3) pengaruh interaksi antara penggunaan laboratorium dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa. Prestasi belajar yang dimaksud adalah prestasi belajar kognitif. Penentuan sampel dengan teknik random sampling. Sampel penelitian diambil 4 kelas dari 5 kelas X SMAN 1 Labuapi berjumlah 102 siswa, yang terbagi menjadi dua kelompok eksperimen, kelompok pertama penggunaan laboratorium real dan kelompok kedua penggunaan laboratorium gabungan real virtual. Pengambilan data dilakukan dengan tehnik tes prestasi kognitif dan sikap ilmiah dengan angket.  Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2x2. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis varians (ANAVA) dua jalan dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows. Hasil analisis data pada taraf signifikan (probabilitas kurang 0,05) menunjukkan bahwa: (1) nilai probabilitias penggunaan laboratorium prestasi kognitif 0,005; (2) Sikap ilmiah nilai probabilitas prestasi kognitif 0,000, (3) pengaruh interaksi penggunaan laboratorium degan sikap ilmiah nilai probabilitas prestasi kognitif 0,565. Kesimpulan: (1) ada perbedaan prestasi belajar kognitif antara penggunaan laboratorium real dan laboratorium gabungan real virtual; (2) ada perbedaan prestasi belajar kognitif antara siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; (3) tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan laboratorium dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Laboratorium real dan vitual, Sikap ilmiah, Prestasi belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Andersen, Lorin.w. 1981. Assessing Affective Characteristic in the School. Boston. Allyn and Bacon.

Depdiknas. 2008. Perangkat Penilaian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta. Direktorat Jendral Menejemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Emirianti, Prima. 2005. Pengaruh Sikap Ilmiah dan Konstruktif Mahasiswa pada Waktu perkuliahan Terhadap Prestasi Belajar Struktur Kayau Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Tesis Unesa.

Fatika, Sandra. 1987. Ilmu Alamiah Dasar. UNS Pres. Surakarta

Isjoni dan Arif, Mohd. 2008. Pembelajaran Virtual Perpaduan Indonesia – Malaysia. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Purwaningsih, Dyah Dwi. 2007. Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun ruang Kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang. Skripsi . FPMIPA Unerversitas Negeri Semarang.

Roestiyah, NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Rohmadi, Nur (2007). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. UNS

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyatna, Agus. 2006. Pemanfaatan Laboratorium Fisika Virtual. Jurnal Program Studi Pendidikan Fisika. Edisi Desember 2006. FKIP Unila. Lampung

Tarno. 2008. Pembelajaran Fisika Metode Eksperimen Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau dari Kemampuan Berpikir dan Kreativitas Peserta Didik. Tesis UNS.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.