Mengenal Fitoplankton untuk Penguatan Materi Kompetensi Dasar Protista Pada Siswa Jurusan IPA (Biologi) MA Hidayatul Muhsinin Desa Labulia Lombok Tengah

Penulis

Lalu Japa , Syamsul Bahri , Prapti Sedijani

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i1.231

Diterbitkan:

2019-01-10

Terbitan:

Vol 1 No 1 (2018)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Japa, L., Bahri, S., & Sedijani, P. (2019). Mengenal Fitoplankton untuk Penguatan Materi Kompetensi Dasar Protista Pada Siswa Jurusan IPA (Biologi) MA Hidayatul Muhsinin Desa Labulia Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i1.231

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Berdasarkan kajian nilai ujian nasional Sekolah Mengengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) tiga tahun berturut-turut (2008-2010) untuk kompetensi dasar (KD) yang nilainya selalu rendah adalah KD Protista. Dari hasil penelitian tahun 2010, terungkap bahwa kegiatan parktikum (termasuk pengamatan Protista) tidak bisa dlaksanakan secara maksimal karena berbagai kendala seperti mulai dari tidak cukup tersedia sarana pendukung, tidak cukup waktu, dan tidak tahu bagaimana melakukan kegiatan tersebut. Karena itu diperlukan kegiatan khusus pengenalan fitoplankton sebagai salah satu upaya penguatan materi Protista yang menyangkut: pengenalan spesies yang umum dijumpai, sumber sampel, dan teknik pengamatan dengan mikroskop. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk penguatan atau pengayaan pengetahuan dan keterampilan siswa MA Hidayatul Muhsinin Desa Labulia Lombok Tengah tentang fitoplankton sebagai komponen utama materi KD Protista. Kegiatan pengabdian ini akan dilakukan dalam bentuk penyampaian teori dan praktek pengamatan secara langsung menggunakan mikroskop. Siswa kelas III jurusan IPA (Biologi) MA Hidayatul Muhsinin, peserta kegiatan ini sangat bersemangat melakukan pengamatan di bawah mikroskop yang sebelumnya belum pernah mereka lakukan. Mereka baru sadar bahwa dalam satu tetes air terdapat banyak sekali individu sel berbagai spesies fitoplankton yang bisa disaksikan. Pembelajaran teoritis di kelas diperkuat dengan fakta yang diamati dengan mikroskop.

 

Kata kunci: IPA(Biologi), Fitoplankton, Madrasah Aliyah, Penguatan, Protista, Siswa

Referensi

Ansyar, M. 2001. Kurikulum Menyonsong Otonomi Pendidikan di Era Globalisasi : Peluang, tantangan, dan Arahâ€. Forum Pendidikan, 2 (26) : 103-112.

Balitbang. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Diknas. Jakarta.

Bates, S.S., C.J. Bird, A.S.W. de Freitas, R.A. Foxall, M.W. Gilgan, L.A. Hanic, G.E. Johnson, A.W. McCulloch, P. Odense, R. Pocklington, M.A. Quilliam, P.G. Sim, J.C. Smith, D.V. Subba Rao, E.C.D. Todd, J.A. Walter, and J.L.C. Wright. 1989. Pennate Diatom Nitzschia pungens as the Primary Source of Domoic Acid, a Toxin in Shellfish from Eastern Prince Edward Island, Canada. Canadian Journal of Fisheries and Aquatic Sciences, 46: 1203-1215.

Depdiknas. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta. Pusat Kurikulum, Balitbang, Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2005. PP No. 19 Tahun 2005. tentang Standar Nasional Pendidikan. Diknas. Jakarta.

Harmoko dan Sepriyaningsih. 2018. Keanekaragaman Mikroalga Chlorophyta Di Sungai Kelingi Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pro-Life, 5(3):666-676.

Hernandez-Becerril, D.U. 1996. A Morphological Study of Chaetoceros Species (Bacillariophyta) from the Plankton of the Pacific Ocean of Mexico. Bull, Nat, Hist, Mus, Lond, (Bot.), 26(1): 1-73.

Horner, R.A., D.L. Garrison, and F.G. Plumley. 1997. Harmful Algal Blooms and Red Tide Problems on the U.S. West Coast. Limnology and Oceanography, 42(5, part 2): 1076-1088.

Japa, L. 2000. Seasonal Succession of Phytoplankton Communities in Lombok Indonesian Coastal Waters, with Emphasis on Species of the Diatom Genera Pseudo-nitzshia and Thalassiosira. Thesis Program Master. Universitas Tasmania.

Japa, L. dan Suripto. 2003. Inventarisasi Spesies Fitoplankton Di Kawasan Perairan Budidaya Kerang Mutiara Dadap Sambelia Lombok Timur. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Mataram.

Japa, L. dan Karnan. 2007. Studi Komunitas Fitoplankton Di Perairan Pantai Kota Mataram. Jurnal Biologi Tropis, Vol. 8 (1): 7-12.

Japa, L., Suripto, dan I.G. Mertha. 2013. Hubungan Kuantitatif Fitoplankton Dan Zooplankton Perairan Suaka Perikanan Gili Ranggo Teluk Serewe Lombok Timur. Jurnal Biologi Tropis, 13(1): 45-54

Japa, L. dan Khairuddin. 2014. Komunitas Fitoplankton Perairan Pantai Utara, Timur, Dan SelatanPulau Lombok. Jurnal Biologi Tropis. 14(2):100-107.

Meksumpun, S., S. Montani, K. Ichimi, K. Tada, S. Yoshimatsu, and T. Okaichi. 1995. Relationships between the Biochemical Composition and the Environmental Conditions of Gymnodinium sp. Red Tide in the Seto Inland Sea, In: Harmful Marine Algal Blooms: Proceedings of the Sixth International Conference on Toxic Marine Phytoplankton, October 1993, Nantes, France, P. Lassus, G. Arzul, E. Erard, P. Gentien, and C. Marcaillou (Editors), Technique & Documentation-Lavoisier. Intercept Ltd. New York.

Rasyid, A. 2009. Berbagai manfaat algae. Oseana, 29(3): 9-15.

Raven, P.H., R.F. Evert dan S.E. Eichhorn. 1992. Biology of Plants. 5th eddition. Worth Publishers Inc. USA.

Samudra, S.R., T.R. Soeprobowati, dan M. Izzati. 2013. Komposisi, Kemelimpahan dan Keanekaragaman Fitoplankton Danau Rawa Pening Kabupaten Semarang. Bioma, 15(1): 6-13.

Sridana, I.N., M. Sulaimi, M., L. Japa, Hariyanto, S. Willian, dan Kaharuddin. 2010. Pemetaan Kompetensi Peserta Didik dan Pengembangan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Laporan Penelitian. Puslit, Universitas Mataram

Sridana, I.N., M. Sulaimi, M., L. Japa, Hariyanto, S. Willian, dan Kaharuddin. 2011. Sosialisasi dan Workshop Model Pengembangan Mutu Pendidikan pada Guru Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. LPM, Universitas Mataram

Syah, M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.Taylor, F.J.R. (Editor). 1987. The Biology of Dinoflagellates. Botanical Monographs. Blackwell Scientific Publications.

Biografi Penulis

Lalu Japa, Universitas Mataram

Syamsul Bahri, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).