Pelatihan Dokter Cilik Pada Anak-Anak Kelompok Nelayan Dusun Malaka Desa Nipah

Penulis

Ida Lestari Harahap , Arfi Syamsun , Pujiarohman Pujiarohman , Leni Herlina

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.246

Diterbitkan:

2019-02-13

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Harahap, I. L., Syamsun, A., Pujiarohman, P., & Herlina, L. (2019). Pelatihan Dokter Cilik Pada Anak-Anak Kelompok Nelayan Dusun Malaka Desa Nipah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.246

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Daerah pesisir pantai identik dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan. Kelompok nelayan merupakan masyarakat yang rentan akan kemiskinan disebabkan pekerjaannya yang tidak menetap dan dipengaruhi musim. Kondisi ini berdampak pada kondisi kesehatan keluarga yang kurang. Selain kondisi tersebut. Letak geografis kelompok nelayan di pinggir pantai menjadi lingkungan dimana tempat berlabuhnya limbah dari hulu sungai. Hal ini akan memperburuk kondisi lingkungan pesisir pantai. Anak-anak nelayan perlu mendapatkan perhatian khusus terkait kesehatan diri, keluarga dan lingkungan, sehingga dirasakan perlu diberikan pelatihan untuk dapat menjadi kelompok anak-anak yang peduli akan kesehatan. Bila biasanya dokter cilik dilatih secara formal di lingkungan sekolah, kali ini kami tergerak untuk dapat membentuk kelompok dokter cilik ini dilingkup tempat tinggalnya sendiri. Kegiatan ini dilakukan di tenda pengungsian Sekolah Darurat dengan siswa siswi SDN 2 Malaka kelas VI. Kegiatan dimulai dengan penyuluhan tentang topik Perilaku Hidup Bersih dan Sehat berupa Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi yang Benar. Topik yang lainnya kami sesuaikan dengan Visi Misi Fakultas Kedokteran yaitu kedokteran kepulauan dengan fokus penyuluhan pada Pertolongan Pertama pada Gigitan Hewan Laut seperti Ubur-ubur, Bulu Babi dan Ular. Kemudian para siswa siswi dibagi menjadi tiga kelompok. Dalam tiap kelompok didampingi oleh mahasiswa untuk melatih masing-masing keterampilan cara mencuci tangan, menggosok gigi, penanganan luka dan pertolongan pertama terhadap gigitan hewan laut. Setelah mendapatkan pembimbingan, para siswa diminta untuk mempraktekakkan apa yang sudah dipelajari.

 

Kata Kunci: Dokter Cilik, Anak-Anak Kelompok Nelayan, Desa Nipah

Referensi

Depkes RI. (2011). Pedoman Pelatihan Dokter Kecil. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes. (2013). Peningkatan Kesehatan masyarakat Pesisir. Diakses pada http://www.depkes.go.id 7 April 2018

Misran, 2002. Aplikasi Teknologi Berbasisikan Membran Dalam Bioteknologi Kelautan: Pengendalian Pencemaran (http://library.usu.ac.id, diakses 23 maret 2007)

Supriharyono. 2002. Pelestarian dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Di Wilayah Pesisir Tropis. Gramedia Pustaka. Jakarta

Biografi Penulis

Ida Lestari Harahap, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram

Arfi Syamsun, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram

Pujiarohman Pujiarohman, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram

Leni Herlina, Fakultas Kedokteran, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).