Penyuluhan, Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya

Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi , Yuli Handayani , Ayu Saputri , Meri Anjani , Siti Safinatun Najjah , Eva Yulianingsih , Tri M. Rahmatullah , Eni Marzia , Astadwi Yogasworo , Mustakim Mustakim , I Dewa Gede Wira P.

DOI:

10.29303/jpmpi.v1i2.300

Diterbitkan:

2019-07-31

Terbitan:

Vol 2 No 1 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ilhamdi, M. L., Handayani, Y., Saputri, A., Anjani, M., Najjah, S. S., Yulianingsih, E., … Wira P., I. D. G. (2019). Penyuluhan, Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v1i2.300

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Abstrak: Permasalahan utama di Desa Kerumut adalah produksi sampah yang tinggi dan mencemari lingkungan. Limbah-limbah organik rumah tangga dibuang keselokan air atau dibakar sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan seperti bau tak sedap, asap dan polusi sehingga berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan solusi yaitu mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk organik. Pupuk organik ini dapat dijual atau dimanfaatkan oleh petani untuk mendukung pertanian karena masyarakat di Desa Kerumut sebagian besar merupakan petani. Oleh karena itu, telah dilakukan program pengabdian pada masyarakat di Desa Kerumut, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melakukan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan pengelolaan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian, ekonomi dan kesehatan masyarakat. Mahasiswa berperan dalam mengembangkan pola pemberdayaan kolaboratif melalui pendampingan dalam transfer ilmu dan keterampilannya ke masyarakat. Metode dilakukan dengan cara penyuluhan, pelatihan dan pendampingan secara langsung kemasyarakat Desa Kerumut. Hasil kegiatan ini adalah berupa pupuk kompos dari sampah organik dengan nilai tambah ekonomi yang tinggi dan fungsi pemanfaatan potensi setempat. Dari kegiatan tersebut sekitar 95% masyarakat mengerti mengenai pupuk organik selama penyuluhan, untuk kegiatan pelatihan sekitar 90% mengerti dalam cara pengolahan pupuk organik dan untuk kegitan pendampingan sekitar 30% yang benar tertarik untuk meminta mahasiswa mendampingi dalam proses pembuatannya.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Penyuluhan, Pendampingan, Pemanfaatan Limbah, Pupuk Organik

Referensi

Hamzah, A & Lestari, S.U. 2016. Rumah Pangan Lestari Organik sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Keluarga. J.Akses Pengabdian Indonesia, 1(1): 65-72.

Latifah R. N, Winarsih, Rahayu, Y. S. 2012. Pemanfaatan Sampah Organik sebagai Bahan Pupuk Cair untuk Pertumbuhan Tanaman Bayam Merah. Jurnal Lentera Bio 1:139-144.

Marliani, N. 2015. Pemanfaatan LimbahRumah Tangga (Sampah Anorganik) Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Marlinda. 2015. Pengaruh Penambahan Bioaktivator EM4 dan Promi dalam Pembuatan Pupuk Cair Organik dari Sampah Organik Rumah Tangga. Jurnal Konversi. 4(2):1-6.

Mulasari, S. A., Husodo, A. H., & Muhadjir, N. 2014. Kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah domestik. Kesmas: National Public Health Journal, 8(8): 404-410.

Rahmawanti, N., & Dony, N. (2014). Pembuatan Pupuk Organik Berbahan Sampah Organik Rumah Tangga dengan Penambahan Aktivator EM4 di Daerah Kayu Tangi. Jurnal Ziraa’ah, 39(1): 1-7.

Simanungkalit, R. D. M, Suriadikarta, D. A, Saraswati, R. Setyorini, D. & Hartatik, W. 2006. Pupuk Organik dan Pupuk Hayati (Organik Fertilizer dan Biofertilizer). Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian

SNI. 2004. Spesifikasi kompos dari sampah organik domestik. ICS 12.030.40 Badan Standardisasi Nasional

Subekti, S. 2010. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga 3r Berbasis Masyarakat. Fakultas Teknik, Teknik Lingkungan Universitas Pandanaran Semarang.

Sulistyorini, L. 2005. Pengelolaan sampah dengan cara menjadikannya kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 2(1).

Suyoto, Bagong. 2008. Rumah Tangga Peduli Lingkungan. Jakarta: Prima Media.

Tchobanoglous, G., H. 1993 Theisen and S Vigil, Integrated Solid Waste Management, Engineering Principlesand Management Issues, Mc. Graw Hill, Inc., USA

Wahyono, S. 2011. Pengolahan sampah organik dan aspek sanitasi. Jurnal Teknologi Lingkungan, 2(2).

Wahyono, S., Sahwan F. L. & Suryanto, F. 2003. Pengomposan Sampah Kota Sistem Windrow Bergulir. Pusat Teknologi Lingkungan, BPPT.

Yuwono, T. 2006. Kecepatan Dekomposisi dan kualitas Kompos Sampah Organik. Jurnal Inovasi Pertanian, 4(2).

Biografi Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi, Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).