Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram

Autor(s): Aris Doyan, Susilawati Susilawati, Syamsul Bahri, Muhlis Muhlis, I Putu Artayasa
DOI: 10.29303/jpmpi.v2i1.333

Sari

Abstrak: Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang materinya merupakan keterpaduan antara biologi, kimia dan fisika. Namun, masih banyak guru yang belum memiliki latar belakang pendidik IPA. Guru IPA di SMP kota Mataram kebanyakan berlatar belakang biologi, maupun fisika. Bagi guru yang memiliki latar belakang pendidikan biologi, mereka merasa kesulitan dalam membimbing siswanya untuk mengkaji materi fisika. Dengan terpaksa guru IPA yang tidak mempunyai latar belakang IPA secara utuh harus tetap mengajarkan IPA kepada siswanya, akibatnya siswa tidak dapat memahami materi IPA secara utuh. Berdasarkan analisis kompetensi dasar pada masing-masing jenjang kelas di SMP, terdapat 33% kompetensi dasar yang merupakan kajian fisika, dan sisanya 67% merupakan kajian biologi dan kimia. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, guru IPA yang tidak memiliki latar belakang IPA secara utuh merasa kurang percaya diri dalam menyampaikan materi IPA. Pelatihan yang dilaksanakan mendapatkan respon positif dari guru peserta dan pelaksanaan PKM berhasil diketahui dari tingkat kehadiran peserta mencapai 90%..

 

Keywords: Materi fisika dan Pengukuran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sari, K., & Surahmi, N. (2019). Persepsi Guru Fisika SMP Kota Banda Aceh terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tematis. Jurnal Pendidikan, sains, dan humaniora Serambi Akedemia (7), 3.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. BSNP.

Sukaesih, S., Ridlo, S., Saptono, S. (2017). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Journal of Education Research.

Prasetyaningsih, & Wilujeng, I. (2016). Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains Pada SMP SSN di Kabupaten Pati. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (2), 2.

Doyan, A., Susilawati, Soeprianto, H., Bahri, S. (2018). Pelatihan Olimpiade MIPA Bagi Guru dan Peserta Didik SMA Kesuma Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2018, (1) 1 : 20 – 23.

Suardana, I. K., Sudiatmika, A. R., Oktofa, D. (2013). Pendampingan Penyusunan Asesmen Fisika Berbasis OSN Bagi Guru SMP di Kota Tabanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Laksana (2) 1.

Oktaviani, W., Gunawan, Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (3), 1.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (3), 1.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.