Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram

Penulis

Aris Doyan , Susilawati Susilawati , Syamsul Bahri , Muhlis Muhlis , I Putu Artayasa

DOI:

10.29303/jpmpi.v2i1.333

Diterbitkan:

2019-11-07

Terbitan:

Vol 2 No 2 (2019)

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Doyan, A., Susilawati, S., Bahri, S., Muhlis, M., & Artayasa, I. P. (2019). Pelatihan Pemantapan Konsep Materi Fisika dan Pengukuran Bagi Guru IPA di SMPN 9 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i1.333

Abstrak

Abstrak: Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang materinya merupakan keterpaduan antara biologi, kimia dan fisika. Namun, masih banyak guru yang belum memiliki latar belakang pendidik IPA. Guru IPA di SMP kota Mataram kebanyakan berlatar belakang biologi, maupun fisika. Bagi guru yang memiliki latar belakang pendidikan biologi, mereka merasa kesulitan dalam membimbing siswanya untuk mengkaji materi fisika. Dengan terpaksa guru IPA yang tidak mempunyai latar belakang IPA secara utuh harus tetap mengajarkan IPA kepada siswanya, akibatnya siswa tidak dapat memahami materi IPA secara utuh. Berdasarkan analisis kompetensi dasar pada masing-masing jenjang kelas di SMP, terdapat 33% kompetensi dasar yang merupakan kajian fisika, dan sisanya 67% merupakan kajian biologi dan kimia. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, guru IPA yang tidak memiliki latar belakang IPA secara utuh merasa kurang percaya diri dalam menyampaikan materi IPA. Pelatihan yang dilaksanakan mendapatkan respon positif dari guru peserta dan pelaksanaan PKM berhasil diketahui dari tingkat kehadiran peserta mencapai 90%..

 

Keywords: Materi fisika dan Pengukuran.

Referensi

Sari, K., & Surahmi, N. (2019). Persepsi Guru Fisika SMP Kota Banda Aceh terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Tematis. Jurnal Pendidikan, sains, dan humaniora Serambi Akedemia (7), 3.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2019). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018. BSNP.

Sukaesih, S., Ridlo, S., Saptono, S. (2017). Profil Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Biologi. Journal of Education Research.

Prasetyaningsih, & Wilujeng, I. (2016). Analisis Kualitas Pengelolaan Kelas Pembelajaran Sains Pada SMP SSN di Kabupaten Pati. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (2), 2.

Doyan, A., Susilawati, Soeprianto, H., Bahri, S. (2018). Pelatihan Olimpiade MIPA Bagi Guru dan Peserta Didik SMA Kesuma Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA 2018, (1) 1 : 20 – 23.

Suardana, I. K., Sudiatmika, A. R., Oktofa, D. (2013). Pendampingan Penyusunan Asesmen Fisika Berbasis OSN Bagi Guru SMP di Kota Tabanan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Laksana (2) 1.

Oktaviani, W., Gunawan, Sutrio. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (3), 1.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (3), 1.

Biografi Penulis

Aris Doyan, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

Susilawati Susilawati, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

Syamsul Bahri, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

Muhlis Muhlis, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

I Putu Artayasa, Program Studi Magister Pendidikan IPA, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).