Workshop Teknik Pembimbingan dan Penilaian Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Guru Anggota KKG di Kota Mataram

Autor(s): A Wahab Jufri, Ni Made Novi Suryanti, M. Amin, Abdul Kadir Jaelani, Dadi Setiadi
DOI: 10.29303/jpmpi.v2i2.373

Sari

Sesuai dengan stándar pendidikan guru bahwa mahasiswa program sarjana kependidikan harus mengikuti  mata kuliah pengenalan lapangan persekolahan di satuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pelaksanaan PLP tersebut perlu didukung oleh pembimbing dari unsur guru yang memahami secara teknis pembimbingan dan evaluasi mahasiswa peserta PLP, juga  agar dapat mengarahkan mahasiswa untuk bisa memiliki kemampuan terkait dengan program sekolah, perangkat pembelajaran dan praktek mengajar. Berdasarkan studi pendahuluan para guru SD belum memiliki pemahaman yang sama tentang teknik pembimbingan dan evaluasi mahasiswa peserta PLP, sehingga perlu dilakukan workshop kepada guru-guru SD tersebut agar mampu membimbing dan mengevaluasi hasil PLP mahasiswa. Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan  adalah  untuk Mengembangkan pemahaman guru anggota KKG Kota Mataram dalam membimbing dan mengevaluasi kemampuan mahasiswa dalam menyusun program sekolah, perangkat pembelajaran; Mengembangkan keterampilan guru guru anggota KKG Kota Mataram dalam membimbing dan mengevaluasi mahasiswa peserta PLP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah melalui workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung teknik pembimbingan dan penilaian mahasiswa peserta PLP yang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengarahkan dan membimbing mahasiswa peserta PLP. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan tahapan  sebagai berikut : Studi literatur, analisis kebutuhan guru berupa  pemahaman dan keterampilan guru dalam membimbing dan mengevalausi hasil PLP, pengukuran kemampuan awal guru, mendisain program workshop, pelaksanaan workshop:  berupa kajian pembimbingan peserta PLP, praktek mendisain instrumen evaluasi PLP, pemantauan dan bimbingan di lapangan oleh tim pengabdian pada masyarakat, asesmen kualitas pelaksanaan dan hasil akhir workshop peserta dan, penyusunan laporan PPM.. Hasil kegiatan menunjukan bahwa Sebagian besar guru memiliki pemahaman  secara komprehensif mengenai teknik-teknik pembimbingan, pelaksanaan praktek pengenalan lapangan persekolahan,  mengevaluasi proses dan memiliki keterampilan dalam mendisain instrumen observasi dan ecvaluasi: membimbing mahasiswa, mengevaluasi proses dan hasil, membimbing penyeusunan laporan praktek pengenalan lapagan persekolahan.Dengan demikian guru akan mampu membimbing mahasiswa PLP dan melakukan evaluasinya secara baik.

 

Kata kunci : pengalaman lapangan persekolahan, PLP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, 2017. Panduan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan Program Sarjana Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Frick, L., Carl, A. dan Beets, P. 2010. Reflection as learning about the self in context: mentoring as catalyst for reflective development in pre-service teachers. South African Journal of education. 30. 421-437

Galamay-Cachola, S.,Aduca. M. C. M. dan . Calauagan, F.C. 2018. Mentoring Experiences, Issues, and Concerns in the Student-Teaching Program: Towards a Proposed Mentoring Program in Teacher Education

Genc, Z. S., 2016. More Practice for Pre-Service Teachers and More Theory for Inservice Teachers of English Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences 232. 677 – 683

Heeralal. P.J.H. 2014. Mentoring Needs of pre-Service Teachers During Teaching Practice. A Case Study at a South African University. Journal of Educational and Social Research. (4) 1

Kahraman, M dan Kuzu, A. 2016. E-Mentoring for Professional Development of Pre-Service Teachers: A Case Study . Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE (17) 3

Kemenristekdikti. 2017. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2017 Tentang Standar Pendidikan Guru; Jakarta :Kemenristekdikti.

Koç, E. M.. 2012. Idiographic Roles Of Cooperating Teachers As Mentors In Pre-Service Distance Teacher Education. Teaching and Teacher Education. 28. 818-826.

Sugiyono. 2008a. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2008b. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RT & D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.