Article Metrics

Sari view : 48 times

Pembuatan Pakan Pellet Moist Berbahan Baku Lokal Untuk Budidaya Lobster di Karamba Jaring Apung

Nunik Cokrowati, Dewi Nu'Aeni Setyowati, Nanda Diniarti, Alis Mukhlis, Woro Kusumaningtyas Perwitasari, Mochammad Amiri

Sari

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan keterampilan pembuatan pakan pellet moist pada pembudidaya lobster yang ada di desa Batunampar Selatan.  Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2016. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah tutorial dan praktek langsung. Tutorial dilakukan dengan cara memberi penjelasan pentingnya pengetahuan dan keterampilan membuat pakan buatan, formulasi pellet moist dan keterkaitannya dengan biaya produksi budidaya. Kegiatan ini dilakukan di Desa Batunampar Selatan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan dilakukan di kantor desa dan karamba jaring apung lobster. Peserta kegiatan ini terdiri dari 10 orang pembudidaya lobster dan kerapu, 5 orang aparat desa dan 2 orang perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur. Tim kegiatan ini adalah 5 orang dosen Program Studi Budidaya Perairan dan 2 orang peneliti dari BPBLL Sekotong. Pakan yang dibuat adalah pellet moist untuk lobster. Formulasi pakan moist lobster yang dilakukan di kegiatan ini adalah 500 gram ikan rucah, 2 kg tepung pakan udang, 400 gram Vitamin ikan, 400 gram binder pakan dan 250 ml Air. Alat yang digunakan adalah blender, panci kukusan, kompor gas, cetakan pakan, ember, baskom, pisau, gunting, sendok, dan nampan. Cara pembuatan pellet moist adalah dengan tahapan 1) Ikan rucah dihaluskan; 2) Tepung pakan udang, ikan rucah; 3) vitamin, air dan binder di blender hingga tercampur rata; 4) Adonan dicetak menggunakan cetakan pakan; 5) Pakan dikukus selama 10 menit kemudian dijemur hingga kering. Pellet moist diberikan ke lobster yang dibudidayakan di karamba jaring apung.  

Keywords: Teknologi; pakan buatan; nutrisi; ikan rucah, pertumbuhan; biaya; produksi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anonymous, 2002. Profil Desa Batunampar. Pemerintah DesaBatunampar. Jerowaru Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.

Cokrowati, N., Nanda, D., Dewi, N.S., Saptono , W., dan Muhammad, M., 2019. Ekplorasi dan Penangkaran Bibit Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Di Perairan Teluk Ekas. Jurnal Biologi Tropis Vol.19 No.1 Januari-Juni. ISSN: 1411-9587. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA FKIP Universitas Mataram. Lombok Nusa Tenggara Barat.

Huu, H.D & H.L. Lan, 2015. Effects of pellet shape and size on production of spiny lobster (Panulirus ornatus). Proceedings of the International Lobster Aquaculture Symposium held in Lombok, Indonesia. ISSN 1447-0837 (online). ACIAR. Australia.

Junaidi, M., N.Cokrowati, dan Z. Abidin, 2010. Aspek Reproduksi Lobster (Panulirus sp.) Di Perairan Teluk Ekas Pulau Lombok. Jurnal Kelautan. Volume 3 No.1 April 2010 ISSN : 1907-9931. Penerbit Universitas Trunojoyo. Madura Jawa Timur.

Nufus, B,N., Galuh Tresnani, dan Faturrahman, 2016. Populasi Bakteri Normal dan Bakteri Kitinolitik Pada Saluran Pencernaan Lobster Pasir (Panulirus homarus L.) yang diberi Kitosan. Jurnal Biologi Tropis. Januari-April 2016: Volume 16 (1):15-23. ISSN: 1411-9587. Diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA FKIP Universitas Mataram. Lombok Nusa Tenggara Barat.

Pemda Kabupaten Lombok Timur, 2011. PERDA Kabupaten Lombok Timur. Kabupaten Lombok Timur NTB.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.