Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19

Aini Aini, Made Sriasih

Sari


Pemerintah provinsi NTB pada bulan Maret 2020 menyatakan bahwa penyebaran virus Corona telah sampai ke wilayah NTB. Salah satu upaya dalam pencegahan penyebaran virus Corona masuk ke dalam tubuh kita adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan dengan mencuci tangan dengan baik  menggunakan sabun maupun cairan antiseptik.  Praktik PHBS terutama di tempat kerja yang melibatkan banyak orang berkumpul sangat perlu untuk diterapkan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membentuk pemahaman masyarakat terutama para karyawan di tempat kerja yaitu di PT. Narmada Awet Muda sebagai salah satu industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terhadap penyebaran virus dan pencegahannya terutama virus Corona. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metoda ceramah, diskusi serta demonstrasi dan diikuti oleh sekitar 200 karyawan pabrik PT. Narmada Awet Muda. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan pemahaman karyawan meningkat (80.8%) terhadap PHBS dan cara cuci tangan yang baik sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona.


Kata Kunci


Pengetahuan, Virus Corona, Cuci tangan, Pabrik, Nusa Tenggara Barat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan No. 2406 TAHUN 2011 Tentang Pedoman Umum Penggunaan Antibiotik, 4.

BNPB. (2020a). https://bnpb.go.id/berita/edukasi-berbasis-keluarga-tularkan-kebiasaan-baru-cegah-covid19.

BNPB. (2020b). https://bnpb.go.id/berita/edukasi-virus-corona19-badan-nasional-penanggulangan-bencana.

Permatasari, J., Safitri, D. F., Luthfia, F., & Orlanda, D. (2019). Penyuluhan PHBS Dalam Mewujudkan Masyarakat Dusun Talang Parit Peduli Akan Kesehatan. 1(1), 18–23.

Raksanagara, A., & Raksanagara, A. (2016). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Sebagai Determinan Kesehatan Yang Penting Pada Tatanan Rumah Tangga di Kota Bandung. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.24198/jsk.v1i1.10340

Tirto.id. (2020). Cara Cuci Tangan dengan 7 Langkah Menurut WHO untuk Cegah Corona. Retrieved from https://tirto.id/cara-cuci-tangan-dengan-7-langkah-menurut-who-untuk-cegah-corona-eLyQ

WHO. (2020). Timeline of WHO’s response to COVID-19. In https://www.who.int/news-room/detail/29-06-2020-covidtimeline.




DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.466

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA terindeks pada: