Article Metrics

Sari view : 0 times

Pemberdayaan Kader Desa dalam Upaya Mewujudkan Tercapainya Status Open Defecation Free (ODF) di Desa Kuranji Dalang Kecamatan Labuapi, Lombok Barat

Ida Ayu Eka Widiastuti, Rifana Cholidah, Siti Rahmatul Aini, Putu Aditya Wiguna, Ida Bagus Alit

Sari

Abstract: 

Desa Kuranji Dalang merupakan desa binaan Puskesmas Perampuan, Labuapi Lombok Barat. Desa ini juga merupakan desa binaan bagi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Pemilihan ini didasarkan pada data Dinas Kesehatan Lombok Barat bahwa Desa Kuranji Dalang merupakan salah satu desa dengan tingkat sanitasi terendah di Lombok Barat. Hal ini dibuktikan dengan belum tercapainya status Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan. Dalam rangka mewujudkan tercapainya status ODF bagi Desa Kuranji Dalang maka kader desa memiliki peran strategis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penyegaran bagi kader desa tentang STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), terutama tentang perilaku BAB (buang air besar) dan sanitasi jamban sehingga nantinya dapat mentransfer pengetahuan yang diperoleh kepada warga binaannya. Kegiatan dilaksanakan melalui 2 (dua) tahapan, yaitu penyusunan modul dan pelatihan/penyegaran. Modul berisi materi-materi yang berkenaan dengan perilaku hidup sehat dengan lebih difokuskan pada perilaku buang air besar. Penyegaran dibagi dalam 2 sesi, yaitu sesi penyampaian materi dan sesi diskusi/tanya jawab. Kegiatan yang mengambil tempat di Puskesmas Perampuan ini diikuti oleh 20 orang kader Desa Kuranji Dalang dan dilaksanakan bekerja sama dengan pihak Puskesmas Perampuan. Kader desa telah menjalankan perannya terkait upaya mewujudkan Desa Kuranji Dalang dengan status ODF, seperti melakukan pendataan rumah dan penyuluhan. Kendala utama yang dihadapi adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya untuk tidak BAB sembarangan. Dengan demikian diperlukan upaya yang lebih komprehensif dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

 

Kata Kunci

Open Defecation Free (ODF), Cadres, Healthy living behavior

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anonim. Sanitasi total berbasis masyarakat. Available at: http://sanitasitotalberbasismasyarakat.wordpress.com/2012/12/26/5-lima-pilar-stbm-sanitasi-total-berbasis-masyarakat/ [Acceseed 10 Maret 2014].

Departemen Kesehatan Republik Indonesia, 2008. Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat [pdf] Available at: http://stbm-indonesia.org/dkfaq.php

Irwantoro, W. CLTS sebagai metode andalan dalam pelaksanaan STBM. Available at: http://www.stbm-indonesia.org/dkconten.php?id=2549. [Acceseed 10 Maret 2014].

Data Dinas Kesehatan Lombok Barat tahun 2013

Data Puskesmas Perampuan Lombok Barat tahun 2013

Data Kantor Desa Kuranji Dalang tahun 2013

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.