Article Metrics

Sari view : 0 times

Budidaya Tanaman Pakcoy (Brassica Rapa Subsp. Chinensis) Dengan Teknik Vertikultur Pada Lahan Sempit Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima

Maya Mardilla, Aci Pratiwi

Sari

Teknik vertikultur adalah metode yang digunakan bagi pemukimanmasyarakat yang memiliki lahan sempit secara optimal. Teknik ini akan menyusun tanaman secara bertingkat dari atas kebawah dengan jenis tanaman yang beragam. Penyusunan bisa dilakukan dengan mengikatmenggunakan tali atau kawat di pagar, ataupun bisa di gantungkan kebambu menggunakan tali yang kuat dari atas kebawah. Teknik ini bisa pergunakan oleh segala kalangan, karena budgetnya relatif murah dibanding teknik lain. Yang membuat murah dari teknik ini adalah penggunaan alat dari barang bekas seperti botol, kaleng, dan sebagainya. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan mutu dankualitas pangan di daerah tersebut. Salah satu cara yang dapat diterapkan, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat Kelurahan Penaraga mengenai pemanfaatan lahan sempit dengan teknik vertikultur padabudidaya pakcoy. Dari program tersebut diharapkan masyarakat dapat terbantu untuk memenuhi kebutuhan panganya, sekaligus dapat meningatkan imunitas tubuh anggota keluarga, serta mengurangi pengeluaran masyarakat. Program ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan cara penyajian data dan penarikan kesimpulanatau verifikasi. Hasil dari program pemberdayaan masyarakat ini adalahterbentuknya masyarakat berkualitas yang mampu membudidayakan tanaman pakcoy melalui teknik vertikultur sehingga dapat menghasilkan bahan pangan organik dari pekarangannya sendiri dan sadar akanpentingnya mematuhi protokol kesehatan pada saat pandemi Covid-19. 

Kata Kunci

Pakcoy ; Teknik Vertikultur; Lahan Sempit; Kelurahan Penaraga; Covid- 19

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Mirani Zulfira, dkk. 2020. Bertanam Sayur pada Lahan Sempit Terbatas dengan Metode Vertikultur menggunakan Botol Bekas. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Vol. 2 No. 2, December 2020, pp. 34-39.

Diwanti Dyah Pikanthi. 2018. Pemanfaatan Pertanian Rumah Tangga (Pekarangan Rumah) Dengan Teknik Budidaya Tanaman Sayuran Secara Vertikultur. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Volume 1 Nomor 3.

Pujiati, dkk. 2017. Vertikultur Bawang Merah. Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas PGRI Madiun. Cetakan-I 2017 ISBN : 978-602-74758-1-6.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.