Pelatihan Batu (Baca Dan Tulis) Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Pkbm Oi Rida Desa Nata Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima

Penulis

Ainun Rahmadhani , Ahmad Raksun

DOI:

10.29303/jpmpi.v3i2.572

Diterbitkan:

2021-01-12

Terbitan:

Vol 3 No 2 (2020): .

Kata Kunci:

Pelatihan Baca dan Tulis, Budaya Literasi, PKBM

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Rahmadhani, A., & Raksun, A. (2021). Pelatihan Batu (Baca Dan Tulis) Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Pkbm Oi Rida Desa Nata Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.572

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Semenjak adanya pandemi Covid-19, menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah memutuskan beberapa kebijakan. Salah satunya yaitu, penetapan belajar dari rumah (pembelajaran daring). Tetapi, sistem kegiatan pembelajaran daring ini memberikan banyak kesulitan bagi peserta didik maupun orang tua, apalagi yang berada di pedesaan. Masyarakat Desa Nata, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima menjadi salah satu daerah yang merasakan kesulitan dengan sistem pembelajaran daring ini, hingga menyebabkan minat belajar anak-anak menurun, bahkan masih banyak anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Menyikapi kenyataan tersebut, maka pengabdian pelatihan BATU (baca dan tulis) ini sangat diperlukan agar tidak semakin tinggi angka buta aksara di Indonesia dan pengabdian pelatihan BATU ini juga bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia. Adapun metode pelatihan membaca yang digunakan adalah GaSuKa. Sedangkan, metode pelatihan menulis yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab

Referensi

Asmiatiningsih, S., Komariah, S., & Wulandari, S. (2019). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm)†Arrahman†Sebagai Tempat Belajar Masyarakat Buta Aksara Di Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Jurnal Administrasi Negara, 16(2).

Citra Indonesiku. 2012 Metode, Model Dan Teknik Pembelajaran Menulis. Diakses Tanggal 8 Januari 2021

Hutabarat, Sri Ananda. 2020. Unesco: Minat Baca Masyarakat Indonesia Masih Sangat Rendah. Https://Menara62.Com/Unesco-Minat-Baca-Masyarakat-Indonesia-Masih-Sangat-Rendah/ Diakses Kamis, 7 Januari 2021

Irawan, H., Irawati, R., & Achadiani, D. (2019). Pelatihan Microsoft Excel Guna Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Pkbm Bina Bangsa Larangan Tangerang. Senabdikom, 1(1), 42-47.

Juwardy, Arsy. 2016. Contoh Proposal Penelitian Kuantitatif. Http://Arsijuwandy.Blogspot.Com/2016/06/Contoh-Proposal-Penelitian-Kuantitatif.Html?M=1 Diakses Jumat, 8 Januari 2021

Masitoh, L. F., Hasanah, Y. M., Aedi, W. G., & Husnul, N. R. I. (2020). Pengentasan Buta Huruf Anak Jalanan Melalui Program Baca Di Bambu Pelangi Lapak Sarmili Bintaro. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 15-23.

Raksun, A., Zulkifli, L., Mahrus, M., Japa, L., & Sedijani, P. (2019). Pendampingan Masyarakat Dalam Pengolahan Limbah Peternakan Sapi Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa, 2(2).

Rasmitadila. 2014. Buku Aktivitas Anak Belajar Memeaca Dengan Metode Gasura. Jakarta: Puspa Swara.

Rizka, M. A., & Tamba, W. (2019). Pelatihan Evaluasi Program Pendidikan Nonformal Bagi Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Paradharma (Jurnal Aplikasi Iptek), 2(1).

Sanjayanti, N. H., & Mahaputra, P. B. (2018). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Warga Belajar Paket C Tigawasa Pkbm Widya Aksara. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(2), 23-25.

Yulianti, R., & Rahmawati, R. (2012). Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis Dan Berhitung) Bagi Perempuan Pesisir Sebagai Upaya Pengentasan Buta Aksara Di Desa Banten Kecamatan Kasemen. Jurnal Lppm-Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Eksakta, 2(1).

Biografi Penulis

Ainun Rahmadhani, Universitas Mataram

Ahmad Raksun, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).