Pelatihan Pembuatan Urea Molases Blok (UMB) Sebagai Suplemensapi Pada Peternak Sapi Potong Di Dusun Gading, Desa Montongbetok, Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Rudiman Maulana , Dede Muhsan Hadi , Eni Hariani , Elfin Tranado , Febilia Andrayani , Ahamd Raksun

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i2.658

Diterbitkan:

2021-03-05

Terbitan:

Vol 4 No 2 (2021)

Kata Kunci:

Pelatihan pembuatan urea molasesblok, Suplemen Sapi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Maulana, R., Hadi, D. M., Hariani, E., Tranado, E., Andrayani, F., & Raksun, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Urea Molases Blok (UMB) Sebagai Suplemensapi Pada Peternak Sapi Potong Di Dusun Gading, Desa Montongbetok, Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.658

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Pertambahan penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terus meningkat menyebabkan terjadinya penurunan luas lahan pertanian yang disebabkan oleh adanya alih fungsi lahan peretanian menjadi wilayah pemukiman penduduk. Penurunan luas lahan pertanian berdampak terhadap ketersediaan produk hijauan yang selama ini dimanfaatkan masyarakat sebagai pakan ternak. Berkurangnya produk hijauan mendorong masyarakat untuk memanfaatkan limbahpertaniansebagai pakan ternak. Limbah pertanian memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan pakan konvensional. Dalam upaya meningkatkan dan mencukupi nutrisiyang kurang pada pakan maka perlu diberikan suplemen tambahan sehingga nutrisi ternak bisatercukupi.Salah satu suplemen yang bisa digunakan adalah urea molases blok. Ureamolasesblokmerupakansuplementernakruminansiauntukmeningkatkankecernaanpakanyangberkualitasrendah,mengatasikekurangannutrisi,mineraldanmeningkatkannafsumakanternak. Dengan demikianpemberianpakantambahanberupaUMBdapat meningkatkan produktivitas ternak. Pelatihan pembuatan UMB sudah dilakukan pada peternak sapi yang berdomisili di Dusun Gading Desa Montong Betok Kabupaten Lombok Timur. Peternak sapi yang menjadi peserta kegiatan merespon baik terhadap pelaksanaan pelatiahan pembuatan UBM. Melalui pelatihan tersebut diharapkan masyarakat dapat membuat UBM untuk mengembangkan usaha peternakan sapi.

Referensi

Eun JS, Beauchemin KA, Hong SH, Bauer

MW.2006. Exogenous enzymes added to untreated orammoniated rice straw:Effect on in vitro fermentationcharacteristic and degradability.J AnimSci and Tech 131: 86 101

Hatmono, H. dan I. Hastoro, 1997. Urea

Molases Blok Pakan Supleme Ternak Ruminansia. Trubus Agriwidya. Ungaran.

Nista D, Natalia H, Taufik A. 2010.

Teknologi Pengolahan Pakan. Palembang. Direktorat Jendral Bina Produksi Peternakan. Hlm. 2-3

Parakkasi, A. 1999. Ilmu Nutrisi dan

Makanan Ternak Ruminansia. UI Press. Jakarta.

Supratman dan Iwan. 2001. Manajemen

Pakan Sapi Potong. Pelatihan Wirabisnis Feedlot Sapi Potong.Fakultas Peternakan ,UNPAD. Bandung

Suprio.G, 2013. Membuat Pakan Ternak

dan Kompos Dari Limbah Organik. PT Agromedia Pustaka.Jakarta Selatan.

Tillman, A. D ., H. Hartadi, S.

Reksohadiprodjo, S. Prawirokusumo, dan S.Lebdosoekojo, 1991. Ilmu Makanan Ternak Dasar. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Biografi Penulis

Rudiman Maulana, Universitas Mataram

Dede Muhsan Hadi, Universitas Mataram

Eni Hariani, Universitas Mataram

Elfin Tranado, Universitas Mataram

Febilia Andrayani, Universitas Mataram

Ahamd Raksun, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).