Pelatihan Wisata Edukasi Interpretasi Flora pada Kelompok Sadar Wisata di Jalur Pendakian Propok Lombok Timur

Penulis

I Gde Mertha , Agil Al Idrus , Abdul Muhyi Abidin , Lale Yaqutunnafis , Baiq Salkiah

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1002

Diterbitkan:

2021-10-01

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Tourism, Education, Interpretation, Flora

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Mertha, I. G., Idrus, A. A., Abidin, A. M., Yaqutunnafis, L., & Salkiah, B. (2021). Pelatihan Wisata Edukasi Interpretasi Flora pada Kelompok Sadar Wisata di Jalur Pendakian Propok Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1002

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The hiking trail of Propok in the National Park of Rinjani mountain is very potential for educational tourism activities based on flora biodiversity. In the context of educational tourism, the Tourism Awareness Group (Pokdarwis) which plays a role in managing the Propok route needs to receive training on flora interpretation. This service aimed to provide an assistance in the practice of interpreting tree flora to tour guides from the Tourism Awareness Group on the Propok hiking trail. The method used was training and performance in the form of practical assistance combined with lecture, discussion, demonstration and question and answer. The training activities that had been carried out were practical assistance for tree flora interpretation activities and independent practice of flora interpretation, which was followed by trials on students in the field. The conclusion of this service reveal that (1) The flora interpretation training received a positive response from the training participants and got a very valuable experiences to improve their skills in educational tourism activities, (2) The great enthusiasm of the trainees in carrying out the practice of flora interpretation greatly supports the success of this training activity , and (3) The tree flora interpretation activity for students on the Propok hiking trail was well received, considered very useful and enjoyable. Thus, educational tourism activities can add to the tourist attraction on the Propok hiking trail

Referensi

Endriesta, N. P. 2019. Pengembangan Media Interpretasi Non Personal Sebagai Upaya Mendukung Wisata Edukasi Di Obyek Wisata Taman Balekambang Kota Suakarta. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta.

Eva, R. 2011. Interpretasi. Institut Pertanian Bogor. www.vea.staff.ipb.ac.id/files/2011/02/Interpretasi-JICA.doc, diakses tanggal 15 September 2021.

Mertha, I Gde., H. Rizkiawan, A. Satriadi, P.S. Waskito. 2020. Sosialisasi Penangulangan Sampah Melalui Pendekatan Zero Waste. Jurnal Pengabdian Pendidikan IPA (3)1: 43-48

Biografi Penulis

I Gde Mertha, Universitas Mataram

Abdul Muhyi Abidin, English Education, University of Nahdlathul Wathan, Indonesia;

Lale Yaqutunnafis, Economic Education, University of Nahdlathul Wathan, Indonesia;

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).