Edukasi Teknik Perendaman Benih Kerang Mutiara Pinctada maxima Dalam Bak Pakan Alami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Benih: Program Pengabdian Masyarakat Di Desa Sugian, Lombok Timur

Penulis

Alis Mukhlis , Nunik Cokrowati , Wastu Ayu Diamahesa , Sahrul Alim , Laily Fitriani Mulyani

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.10026

Diterbitkan:

2025-04-28

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

Kerang mutiara, Pinctada maxima, teknik perendaman, pakan alami, pertumbuhan benih, pengabdian masyarakat

Artikel

Cara Mengutip

Mukhlis, A., Nunik Cokrowati, Wastu Ayu Diamahesa, Sahrul Alim, & Laily Fitriani Mulyani. (2025). Edukasi Teknik Perendaman Benih Kerang Mutiara Pinctada maxima Dalam Bak Pakan Alami Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Benih: Program Pengabdian Masyarakat Di Desa Sugian, Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1927–1936. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10026

Metrik

No metrics found.

Abstrak

Budidaya kerang mutiara Pinctada maxima merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia, namun produktivitasnya sering terhambat oleh rendahnya tingkat pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi pembudidaya kerang mutiara di Desa Sugian, Lombok Timur, Indonesia, melalui pelatihan teknik perendaman benih dalam bak pakan alami untuk meningkatkan pertumbuhan. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan teori dan praktik selama dua hari (24-25 Agustus 2024) dengan pendekatan partisipatif berbasis masyarakat, melibatkan 20 anggota kelompok pembudidaya kerang mutiara aktif yang beroperasi di perairan sekitar Desa Sugian. Program ini didukung oleh PT. Mutiara Surya Indonesia, yaitu perusahaan budidaya kerang mutiara nasional yang beroperasi di desa Sugian. Materi pelatihan mencakup biologi kerang mutiara, prinsip nutrisi benih, teknik kultur pakan alami, metode perendaman, dan monitoring pertumbuhan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua peserta menyampaikan tanggapan bahwa teknologi ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan produktivitas budidaya. Tantangan utama yang diidentifikasi adalah kebutuhan modal awal dan akses terhadap kultur mikroalga. Sebagai tindak lanjut, direkomendasikan adanya pelatihan kultur pakan alami mikroalga skala rumah tangga yang menerapkan teknologi sederhana, mudah dipahami dan diaplikasi oleh masyarakat pembudidaya kerang mutiara. Program ini berpotensi meningkatkan produktivitas dan pendapatan pembudidaya lokal. Selain itu, teknologi yang disampaikan memiliki prospek untuk dikembangkan dan direplikasi di daerah lain di Indonesia.

Referensi

Beer, T. (2017). Environmental Oceanography. Di dalam: Environmental Oceanography. CRC Press. https://doi.org/10.1201/9780203756980

Chambers, R. (2014). PRA, PLA and Pluralism: Practice and Theory. Di dalam: The SAGE Handbook of Action Research (hlm. 297–318). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781848607934.n28

Christie, P., Bennett, N. J., Gray, N. J., Aulani Wilhelm, T., Lewis, N., Parks, J., Ban, N. C., Gruby, R. L., Gordon, L., Day, J., Taei, S., & Friedlander, A. M. (2017). Why people matter in ocean governance: Incorporating human dimensions into large-scale marine protected areas. Marine Policy, 84, 273–284. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2017.08.002

Cigliano, J. A., Meyer, R., Ballard, H. L., Freitag, A., Phillips, T. B., & Wasser, A. (2015). Making marine and coastal citizen science matter. Ocean and Coastal Management, 115, 77–87. https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2015.06.012

Creswell, J. W. (2003). Research design Qualitative quantitative and mixed methods approaches. Research Design Qualitative Quantitative and Mixed Methods Approaches, 3–26. https://doi.org/10.3109/08941939.2012.723954

Etzkowitz, H., & Zhou, C. (2017). The triple helix: University-industry-government innovation and entrepreneurship. In The Triple Helix: University-Industry-Government Innovation and Entrepreneurship. Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781315620183

Fajry, S., Nuraini Setyowati, D., & Mukhlis, A. (2022). The effect of the soaking period in natural feed tatts of Chaetoceros sp. on the growth and viability of pearl class (Pinctada maxima) seeds. Journal of Fish Health, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.29303/jfh.v2i2.1473

FAO. (2020). The State of World Fisheries and Aquaculture 2020. Sustainability in action. FAO, 224. https://doi.org/https://doi.org/10.4060/ca9229en

Franzel, S., Kiptot, E., & Degrande, A. (2019). Farmer-To-Farmer Extension: A Low-Cost Approach for Promoting Climate-Smart Agriculture. Di dalam: The Climate-Smart Agriculture Papers (pp. 277–288). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-92798-5_24

Gervis, M. H., dan Sims, N. A. (1992). The biology and culture of pearl oysters (Bivalvia pteriidae). ICLARM Stud. Rev. 21, 49 hlm

Global Market Insights. (2019). Pearl Market Size By Type (Natural, Cultured), By Source (Freshwater, Marine), By Color (White, Black, Gold), By Application (Jewelry, Cosmetics), Industry Analysis Report, Regional Outlook, Application Potential, Price Trends, Competitive Market Share & Forecast, 2019 – 2025. https://www.gminsights.com/industry-analysis/pearl-market

Hamzah, M. S., & Nababan, B. (2009). Studi pertumbuhan dan kelangsungan hidup anakan kerang mutiara (Pinctada maxima) pada ke dalaman berbeda di teluk Kapontori, Pulau Buton. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, 1(2), 22–32.

Ife, J. (2016). Community Development in an Uncertain World: Vision, Analysis and Practice. Di dalam: Community Development in an Uncertain World: Vision, Analysis and Practice. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781316342855

Israel, B. A., Eng, E., Schulz, A. J., & Parker, E. A. (2013). Introduction to Methods for Community-Based Participatory Research for Health. Di dalam: B. A. Israel, E. Eng, A. J. Schulz, dan E. A. Parker (Editor), Methods for community-based participatory research for health (2nd ed., 3–37). Jossey-Bass. http://mirlyn.lib.umich.edu/Record/012181722

Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. (2020). Rencana Strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan Tahun 2020-2024. Jakarta: KKP RI.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38. https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4

Martínez-Fernández, E., Acosta-Salmón, H., & Southgate, P. C. (2006). The nutritional value of seven species of tropical microalgae for black-lip pearl oyster (Pinctada margaritifera, L.) larvae. Aquaculture, 257(1–4), 491–503. https://doi.org/10.1016/j.aquaculture.2006.03.022

Mukhlis, A., Ilmi, N. K., Rahmatullah, S., Ilyas, A. P., & Dermawan, A. (2021). Percepatan pertumbuhan benih kerang mutiara (Pinctada maxima) menggunakan metoda perendaman dalam bak pakan alami. Jurnal Perikanan Unram, 11(1), 1–12. https://doi.org/10.29303/jp.v11i1.224

Ostrom, E. (2015). Governing the commons: The evolution of institutions for collective action. In Governing the Commons: The Evolution of Institutions for Collective Action. Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781316423936

Septiani, N., Amir, S., & Mukhlis, A. (2023). The effect of the interval time immersion in the natural feed tank of Chaetoceros simplex on growth and survival rate of pearl oyster (Pinctada maxima). Journal of Fish Health, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.29303/jfh.v3i1.2117

Southgate, P. C., Beer, A. C., Duncan, P. F., & Tamburri, R. (1998). Assessment of the nutritional value of three species of tropical microalgae, dried Tetraselmis and a yeast-based diet for larvae of the blacklip pearl oyster, Pinctada margaritifera (L.). Aquaculture, 162(3–4), 247–257. https://doi.org/10.1016/S0044-8486(98)00163-X

Southgate, P. C., Strack, E., Hart, A., Wada, K. T., Monteforte, M., Cariño, M., Langy, S., Lo, C., Acosta-Salmón, H., & Wang, A. (2008). Exploitation and Culture of Major Commercial Species. Di dalam: The Pearl Oyster: A Beginner’s Guide to Programming Images, Animation, and Interaction (pp. 303–355). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-52976-3.00009-7

Taylor, J. J., Southgate, P. C., & Rose, R. A. (1997). Fouling animals and their effect on the growth of silver-lip pearl oysters, Pinctada maxima (Jameson) in suspended culture. Aquaculture, 153(1–2), 31–40. https://doi.org/10.1016/S0044-8486(97)00014-8

Taylor, M., & Bhasme, S. (2018). Model farmers, extension networks and the politics of agricultural knowledge transfer. Journal of Rural Studies, 64, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jrurstud.2018.09.015

Tisdell, C., & Poirine, B. (2008). Economics of Pearl Farming. In The Pearl Oyster: A Beginner’s Guide to Programming Images, Animation, and Interaction (hlm. 473–495). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-52976-3.00013-9

van den Berg, H., Phillips, S., Dicke, M., & Fredrix, M. (2020). Impacts of farmer field schools in the human, social, natural and financial domain: a qualitative review. Di dalam: Food Security (Vol. 12, No. 6, hlm. 1443–1459). Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s12571-020-01046-7

Wada, K. T., & Tëmkin, I. (2008). Taxonomy and Phylogeny. Di dalam: The Pearl Oyster: A Beginner’s Guide to Programming Images, Animation, and Interaction (hlm. 37–75). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-444-52976-3.00002-4

Walne, P. (1970). Studies on the food value of nineteen genera of algae to juvenile bivalves of the genera Ostrea, Crassostrea, Mercenaria, and Mytilis. CCAP (Culture Collection of Algae and Protozoa), 26(August), 1–62.

Wassnig, M., & Southgate, P. C. (2012). Embryonic and larval development of Pteria penguin (Röding, 1798) (Bivalvia: Pteriidae). Journal of Molluscan Studies, 78(1), 134–141. https://doi.org/10.1093/mollus/eyr051

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Alis Mukhlis, Nunik Cokrowati, Wastu Ayu Diamahesa, Sahrul Alim, Laily Fitriani Mulyani

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).