Pelatihan Rancang Bangun Sistem Monitoring Kondisi Air Tambak Berbasis Internet of Things (IoT) di SMK Perikanan dan Kelautan Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Penulis

Alfian Pramudita Putra , Riries Rulaningtyas , Franky Chandra Satria Arisgraha

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1007

Diterbitkan:

2021-10-15

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Internet of Things (IoT), Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, Monitoring Kondisi Air, Teknologi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Putra, A. P., Rulaningtyas, R., & Arisgraha, F. C. S. (2021). Pelatihan Rancang Bangun Sistem Monitoring Kondisi Air Tambak Berbasis Internet of Things (IoT) di SMK Perikanan dan Kelautan Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1007

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kualitas air tambak atau kolam budidaya ikan atau udang merupakan aspek eksternal yang harus diperhatikan. Permasalahan utama dalam kegagalan produksi ikan atau udang adalah buruknya kualitas air selama masa pemeliharaan, terutama pada tambak intensif. Sebagian besar pekerjaan monitoring telah dibantu teknologi informasi untuk memudahkan dalam pelaksanaan pemantauan. Salah satunya adalah dengan penggunaan Internet of Things (IoT). Sistem IoT ini dapat digunakan para petambak untuk memantau kondisi perarian tambak sehingga produksi mereka bisa meningkat. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat Program Kemitraan Masyarakat ini, sistem yang dapat memantau suhu dan pH dari perariran secara kontinu telah dibuat dengan memanfaatkan IoT. Hal ini bermanfaat untuk para siswa SMK sehinga mereka dapat meningkatkan kemampuan di bidang teknologi yang tetap berkaitan dengan perikanan dan kelautan. Peserta pelatihan sangat antusias terhadap pelaksanaan kegiatan karena mendapatkan pengetahuan baru terkait mikrokontroler dan IoT. Selain itu, Siswa SMK dapat memiliki tambahan kemampuan dan pengetahuan yang berguna untuk bersaing di dunia kerja, khususnya pada era revolusi industri 4.0.

Referensi

Ain, K., Rulaningtyas, R., & Putra, A. P. (2021). Pelatihan Rancang Bangun Alat Deteksi Kelelahan Berbasis Audiovisual untuk Meningkatkan Kualitas Kerja Dan Kesehatan di SMK 3 Pancasila Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4.

Arsad, S., dkk. 2017. Studi Kegiatan Budidaya Pembesaran Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) dengan Penerapan Sistem Pemeliharaan Berbeda. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 9 (1): 1-14.

Hari, B., B.M. Kurup., J.T. Varghese., J.W. Schrama and M.C.J. Verdegem. 2004. Effects of Carbohydrate Addition on Production in Extensive Shrimp Culture Systems. Aquaculture. 241: 179-194.

Ilham, DJ. 2016. Potensi Budidaya Perikanan Di Jember Masih Terbuka Lebar. https://www.kissfmjember.com/2016/06/03/potensi-budidaya-perikanan-di-jember-masih-terbuka-lebar.html diakses pada tanggal 20 Maret 2021.

Marti’ah, S., 2017. Kewirausahaan Berbasis Teknologi (Technopreneurship) dalam Perspektif Ilmu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Edutic. Vol. 3, No.2, hal. 75-82.

Pasha, S., 2016. Thingspeak Based Sensing and Monitoring System for IoT with Matlab Analysis. International Journal of New Technology and Research (IJNTR) Vol. 2, Issue 6, pp. 19-23

Rahayu, G., Sunarya, U., dan Novianti, A. 2017. Rancang Bangun Web Server Untuk Pemantauan Budidaya Udang Vannamei Menggunakan Teknologi IoT. Bandung : vol. 3, no. 3, pp. 2066–2071.

Umar, C., S.E. Kartamihardja., dan H. Supriyadi. 2001. Kemampuan bakteri Desulphovibrio sp. dalam penguraian senyawa belerang dan analisis laju sedimentasi, untuk perbaikan kualitas air pada budidaya keramba jaring apung. Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia. 7 (2).

Biografi Penulis

Alfian Pramudita Putra, Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga

Alfian Pramudita Putra merupakan salah satu dosen di Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya. Bidang keahliannya adalah instrumentasi medis, biomekanika, dan biomaterial.

Riries Rulaningtyas, Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga

Riries Rulaningtyas merupakan salah satu dosen di Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya. Bidang keahliannya adalah pemrosesan citra medis dan komputasi biomedis.

Franky Chandra Satria Arisgraha, Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga

Franky Chandra Satria Arisgraha merupakan salah satu dosen di Program Studi S1 Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga, Surabaya. Bidang keahliannya adalah instrumentasi medis.

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).