Pelatihan Penggunaan E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Kearifan Lokal sebagai Inovasi Pembelajaran dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Penulis

Muntari , Yayuk Andayani , Saprizal Hadisaputra , Lalu Rudyat Telly Savalas , Muhammad Hanafi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.10099

Diterbitkan:

2024-11-29

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

E-Modul IPA, Socio Scientific Issue (SSI), Kearifan Lokal, Inovasi Pembelajaran

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Muntari, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., & Hanafi, M. (2024). Pelatihan Penggunaan E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) Terintegrasi Kearifan Lokal sebagai Inovasi Pembelajaran dalam meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1812–1816. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10099

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tantangan revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan abad 21, yaitu 4C (Creative, Critical thinking & problem solving, Collaboration, and Communication) karena keterampilan tersebut dapat membentuk manusia yang memiliki kemampuan bersaing di dunia kerja. Selain itu juga kualitas pendidikan masih tergolong rendah, hal ini menjadi penghambat untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkelanjutan (ESDGs). Guru dituntut untuk melek terhadap teknologi. Pembelajaran harus memanfaatkan media. Pembelajaran dengan menggunakan media dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam modul elektronik (E-modul) berbasis socio scientific issue (SSI) terintegrasi kearifan lokal. Peserta diberikan pelatihan dan pendampingan secara intensif mulai dari petunjuk penggunaan, hingga cara penggunaan e-modul berbasis SSI terintegrasi kearifan lokal. Kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan secara 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Penggunaan e-modul IPA berbasis SSI dianggap mampu untuk menjawab keresahan dari guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah. E-modul IPA berbasis SSI dapat mentransferkan peran dan fungsi konten dalam belajar mengajar menjadi luwes dan fleksibel. Manfaat secara nyata bahwa, siswa lebih mudah mengakses panduan belajar dan termotivasi untuk belajar lebih baik. Penggunaan e-modul IPA berbasis SSI dalam pembelajaran akan mempermudah guru untuk menyampaikan materi ajar ke siswa, siswa dapat membaca kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan bantuan aplikasi atau web yang dapat diakses menggunakan handpone.

Referensi

Anagün, Ş. S., & Özden, M. (2010). Teacher candidates’ perceptions regarding socio-scientific issues and their competencies in using socio-scientific issues in science and technology instruction. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 9, 981-985

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, criticaL thinking

dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.

Azizah, N. (2023). Pengembangan E-Modul IPA SMP/MTs Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Terintegrasi Nilai Keislaman Pada Materi

Energi dalam Sistem Kehidupan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Elsmawar Website on Students’ Scientific Literacy. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 279-286.

Hanson, C. R. (2022). Developing Scientific Literacy to Promote 21st-Century Skills in Students.

Herawati, N. S. (2020). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran kimia kelas XI IPA SMA. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 57-69.

Kamaruddin, A. N. (2021). Pengembangan Elektronik Modul (e-Modul) berbasis Socio-scientific issue (SSI) Terintegrasi Flip PDF Corporate Edition pada Materi Biologi Kelas XI Sekolah Mengah

Atas. Universitas Negeri Makassar. Universitas Negeri Makassar. Kumalasani, K. & M. P. (2020). Digital Skillguru Melalui E-Modul Sebagai Inovasi Bahan Ajar Di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1)

Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri peserta didik kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345. MIPA, 12(2), 107-117.

Rahayu, I. D., Permanasari, A., & Heliawati, L. (2022). The Effectiveness of Socioscientific Issue-Based Petroleum Materials Integrated with The

Rodrigues, R. (2020). Legal and human rights issues of AI: gaps, challenges and vulnerabilities. Journal of Responsible Technology, 100005.

Rohmaya, N. (2022). Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Socioscientific Issues (SSI). JURNAL PENDIDIKAN

Biografi Penulis

Muntari, Universitas Mataram

Yayuk Andayani, Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Universitas Mataram

Lalu Rudyat Telly Savalas, Universitas Mataram

Muhammad Hanafi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Muntari, Yayuk Andayani, Saprizal Hadisaputra, Lalu Rudyat Telly Savalas, Muhammad Hanafi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).