Pengenalan Flora Endemik Dan Status Konservasinya Melalui Sosialisasi Di SMP Negeri 10 Langsa, Aceh
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.10125Diterbitkan:
2024-12-26Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Conservation, Endemic, SMPN 10 LangsaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Indonesia is known as the center of world biodiversity. One of this diversity is endemic flora. Regular maintenance and protection or preservation of endemic flora to prevent or avoid damage and extinction can be done through conservation. The subjects of this program are grade 7 students. At this level, children tend to be able to understand and start thinking critically and logically, so it is hoped that the message given can be conveyed well. Based on the results of the socialization that had been carried out, it was found that there was an increase in knowledge about endemic and rare flora in Indonesia which must be protected and preserved, in other words the socialization carried out was successful in increasing students' knowledge. It is hoped that this increased understanding can encourage students to play a more active role in environmental conservation activities, both in the school environment and in the community. This electronic document is a “live” template. The various components of your paper [title, text, tables, figures and references] are already defined on the style sheet, as illustrated by the portions given in this document.
Referensi
Ardiansyah R, Djamaludin MD, Herawati T. 2012. Pengetahuan, Persepsi dan Perilaku Mahasiswa dalam pembelian Nada Sambung. Departemen Ilmu Keluarga Dan Konsumen. Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Dewi, V.M. (2008). Banjir Aceh Akibat Rusaknya Hutan [Online] Tersedia: http://www.republika.co.id. [26 September 2009].
Ervizal.M. Zuhud. Mengembangkan Konservasi Berdasarkan Industri dari Zona Rehabilitasi di Taman Nasional Meru Betiri. Bogor: Badan Penelitian Kehutanan Kementrian Kehutanan Indonesia; 2010.
Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i1.4165
Munandar, A., dkk., (2009). Konservasi Fauna Indonesia. Bandung: Rizqi Press.
Notoatmojo S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rhineka Cipta. Jakarta.
Savitri, E. N., & Sudarmin. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) PADA MATA KULIAH KONSERVASI DAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENANAMKAN SOFTSKILL KONSERVASI PADA MAHASISWA IPA UNNES. Unnes Science Education Journal, 5(1), 1109-1115. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/usej.v3i2.3349
Sugihartono. 2012. Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta Press. Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tomascik, T., AJ Mah, A. Nontji & MK Moosa (1997). Ekologi Laut Indonesia Bagian II. Singapura: Periplus Editions (HK) Ltd.
Walhi. (2009). Banjir 'Ancaman Klasik Masyarakat Aceh [Online]. Tersedia: http://www.ffi.or.id. [26 September 2009].
Biografi Penulis
M. Ali Akbar, Universitas Samudra
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 M. Ali Akbar, Sri Jayanthi, Dian Syahputri, Suci Nurlida Sapitri, Amanda Lestari, Aini Ramadila, Fitria Almahliza, Dwi Syaravicena, Khairunnisa, Viska Annisa Sabrini, Mardiah, Cut Salsabila Meutiasari, Devi Anisa

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).