Penyuluhan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Untuk Mencegah Masalah Gizi Pada Anak
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.10135Diterbitkan:
2024-12-20Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
pedoman gizi seimbang, masalah giziArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tujuan kegiatan ini adalah mengajak anak untuk konsumsi gizi sesuai pedoman gizi seimbang, untuk mencegah masalah gizi pada anak. Pengabdian ini dilaksanakan tanggal 13 Juli 2024, pada siswa kelas 4 SDN 2 Sesela Lombok Barat. Penyampaian materi tentang pedoman gizi seimbang dan masalah gizi pada anak, melalui tanya jawab dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar, semua yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan penuh tanggung jawab, dan dapat diajak interaksi. Peserta dengan penuh semangat berusaha menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan tim pengabdian. Selama pelaksanaan kegiatan tak henti-hentinya tim mengajak peserta untuk mempraktekkan pedoman gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah mengajak anak menjalankan pedoman gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari harus terus dilakukan, untuk mencegah masalah gizi pada anak.
Referensi
Aulia, J. N. (2022). Masalah gizi pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), 22-25.
Isna,Y. (2023). 7 contoh masalah gizi yang banyak terjadi di Indonesia. https://www.apotek-k24.com/tips-sehat/1898/7-Contoh-Masalah-Gizi-yang-Banyak-Terjadi-di-Indonesia
Menkes RI. (2014). Permenkes No 14 tahun 2014 tetang pedoman gizi seimbang
Kemenkes. (2017). Status Gizi Balita dan Interaksinya
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati, Prapti Sedijani, Dewa Ayu Citra Rasmi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).