Penyuluhan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Untuk Mencegah Masalah Gizi Pada Anak

Penulis

Kusmiyati , Prapti Sedijani , Dewa Ayu Citra Rasmi

DOI:

10.29303/jpmpi.v7i4.10135

Diterbitkan:

2024-12-20

Terbitan:

Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024

Kata Kunci:

pedoman gizi seimbang, masalah gizi

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Kusmiyati, Prapti Sedijani, & Dewa Ayu Citra Rasmi. (2024). Penyuluhan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Untuk Mencegah Masalah Gizi Pada Anak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(4), 1839–1842. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i4.10135

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Tujuan kegiatan ini adalah mengajak anak untuk konsumsi gizi sesuai pedoman gizi seimbang, untuk mencegah masalah gizi pada anak. Pengabdian ini dilaksanakan tanggal 13 Juli 2024, pada siswa kelas 4 SDN 2 Sesela Lombok Barat. Penyampaian materi tentang pedoman gizi seimbang dan masalah gizi pada anak, melalui tanya jawab dan diskusi. Pelaksanaan kegiatan ini berjalan lancar, semua yang hadir mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir dengan penuh tanggung jawab, dan dapat diajak interaksi. Peserta dengan penuh semangat berusaha menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan tim pengabdian. Selama pelaksanaan kegiatan tak henti-hentinya tim mengajak peserta untuk mempraktekkan pedoman gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah mengajak anak menjalankan pedoman gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari harus terus dilakukan, untuk mencegah masalah gizi pada anak.

Referensi

Aulia, J. N. (2022). Masalah gizi pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), 22-25.

Isna,Y. (2023). 7 contoh masalah gizi yang banyak terjadi di Indonesia. https://www.apotek-k24.com/tips-sehat/1898/7-Contoh-Masalah-Gizi-yang-Banyak-Terjadi-di-Indonesia

Menkes RI. (2014). Permenkes No 14 tahun 2014 tetang pedoman gizi seimbang

Kemenkes. (2017). Status Gizi Balita dan Interaksinya

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Kusmiyati, Prapti Sedijani, Dewa Ayu Citra Rasmi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).