Peran Mahasiswa Asistensi Mengajar pada Kegiatan Ekstrakurikuler English Club di SMA Negeri 2 Gerung

Penulis

Senly Apriani , Baiq Fara Dwirani Sofia , Ragaya ADB. R Balafif

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10143

Diterbitkan:

2025-02-10

Terbitan:

Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025

Kata Kunci:

Ekstrakurikuler; English club; Speaking; Grammar; Vocabulary

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Senly Apriani, Sofia, B. F. D., & Ragaya ADB. R Balafif. (2025). Peran Mahasiswa Asistensi Mengajar pada Kegiatan Ekstrakurikuler English Club di SMA Negeri 2 Gerung. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 82–87. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10143

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Ekstrakurikuler english club adalah suatu kegiatan di luar jam sekolah yang dilakukan untuk mengasah kemampuan siswa dalam konteks berbahasa inggris. Pembinaan Ekstrakurikuler English Club dilakukan mahasiswa asistensi mengajar untuk memenuhi salah satu kegiatan yang terdapat dalam program asistensi mengajar, yang mewadahi mahasiswa agar memperoleh pengalaman lebih banyak dalam bidang ekstrakurikuler. Tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler English Club ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa di SMAN 2 Gerung dalam berbahasa Inggris. Ekstrakurikuler English Club diikuti oleh 8 orang siswa yang kemudian dilakukan 1 kali pertemuan dalam 1 minggu. Dari kegitaan ini dapat terlihat hasil yaitu meningkatnya kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa inggris didepan teman sebayanya dan keberanian dalam berbicara dan menjawab soal serta menambah jumlah kosakata yang dimiliki oleh siswa.

Referensi

Bunari., Efni, N., Fitri, I. Y., & junianto. (2023). Peran Mahasiswa Asistensi Mengajar Program Kampus Merdeka Di Sma Negeri 15 Pekanbaru. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN. (ABDIMAS SEAN), 1(02), 85–90.

Endang, E. N., Kasih, W., Suprayogi, S., Puspita, D., Oktavia, R. N., & Ardian, D. (2022). Speak Up Confidently : Pelatihan English Public Speaking Bagi Siswa-Siswi English Club SMAN 1 Kotagajah Pendahuluan. Madaniya, 3(2), 313–321.

Fitria, T. N. (2022). Pengajaran Kosakata Dasar Bahasa Inggris (English Basic Vocabulary) dengan Metode Drilling Untuk Anak-Anak Desa Kalangan Mulur Sukoharjo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 67–72. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15435

Iqbal, M., & Arfan, M. (2020). Aplikasi model pengenalan dan pembelajaran Vocabulary dan Tenses. Journal of Informatics and Computer Science, 6(1), 26–33. https://doi.org/10.33143/jics.Vol6.Iss1.745

Jannah, N. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMP Negeri 1 Rantau. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur, 1(1), 34–43.

Mas’udah, N., Ichsan, A. S., & Mujawazah, M. (2020). Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler English Club dalam Mengembangkan Kecerdasan Linguistik Siswa MIN 2 Sleman. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(2), 65–75. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i2.662

Naserly, M. K. (2024). Analisis Kesalahan Simple Past Tense pada Latihan Menulis Recount Text pada Materi Kuliah Bahasa Inggris Dasar (Studi Kasus pada Kelas 63.1C.25 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis 2022/2023 UBSI). Journal on Education, 6(2), 11019–11028. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4893

Pratiwi, S. I. (2020). Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.90

Saehana, S., Ali, M., Darsikin, D., Nurgan, N., & Ratnaningtyas, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) bagi Guru Sebagai Mitra Asistensi Mengajar Program MBKM Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 441. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4333

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705

Sopiatuzza, N., Nurhidayati, R., Dewi Sativa Lestari Arifin, R., Japa, L., Hariadi, I., & Hartiwi. (2024). Peranan Mahasiswa Asistensi Mengajar Dalam Kegiatan Intrakurikuler Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA 1 Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7439

Wirianata, H., & Chelsya. (2022). YUME : Journal of Management Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). YUME : Journal of Management, 5(3), 387–401. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.4547

Biografi Penulis

Baiq Fara Dwirani Sofia, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Senly Apriani, Baiq Fara Dwirani Sofia, Ragaya ADB. R Balafif

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).