Peningkatan Kemampuan Penulisan Sastra untuk Siswa SMA Negeri 1 Praya dalam Rangka Memajukan Literasi Sekolah

Penulis

Nuriadi Nuriadi , Lalu Muhaimi , Atri Dewi

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1015

Diterbitkan:

2021-10-08

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pengabdian masyarakat, SMA Negeri 1 Praya, Siswa, Penulisan sastra, literasi sekolah.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Nuriadi, N., Muhaimi, L., & Dewi, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Penulisan Sastra untuk Siswa SMA Negeri 1 Praya dalam Rangka Memajukan Literasi Sekolah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1015

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Makalah ini membahas kegiatan pengabdian (PKM) pada masyarakat yang dilangsungkan di SMA Negeri 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah. Melalui kegiatan ini, antusiasme para peserta didik, siswa-siswa SMA Negeri 1 Praya, cukup tinggi. Dengan fakta ini, mereka juga terbangkitkan untuk menulis atau menghasilkan karya khsuusnya dalam bentuk puisi. Dengan demikian, kegiatan ini dianggap cukup berhasil dan mampu berkontribusi nyata di dalam memajukan literasi sekolah di bidang sastra bagi peserta didik di sekolah menengah. Sebagai implikasinya, kegiatan PKM dengan topik atau tajuk serupa seharusnya perlu dilakukan. Tidak hanya di sekolah itu saja, tetapi juga di sejumlah sekolah menengah lainnya yang mempunyai program literasi sekolah. Hadirnya kegiatan ini, peran Universitas Mataram semakin tampak dan dirasakan secara nyata bagi masyarakat umum.

Referensi

Barnet, Sylvan et al. (1963). An Introduction to Literature: Fiction, Poetry, Drama. Second edition. Boston: Little, Brown and Company.

Nuriadi, Muhammad Fadjri, Baharudin, Muh. Isnaini. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Sastra bagi Siswa Jurusan Bahasa di SMA Negeri 1 Praya. Laporan PKM LPPM Universitas Mataram.

Nuriadi. (2016). Theory of Literature: An Introduction. Mataram: Arga Puji Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. (1995). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Cetakan pertama. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2007). Sastra dan Cultural Studies: Representasi Fiksi dan Fakta. Cetakan kedua. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.

Siswanto, Wahyudi. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Biografi Penulis

Nuriadi Nuriadi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).