Pemberdayaan Strategi Pembelajaran Etnomatematika Permainan Ma'cciccu Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpiki Analitik Matematika
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.10150Diterbitkan:
2024-12-24Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Strategi pembelajaran, Etnomatematika, Ma'cciccu, Analitik, MatematikaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pendidikan matematika di Indonesia mengalami berbagai tantangan, terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Salah satu pendekatan yang menjanjikan adalah etnomatematika. Pendekatan etnomatematis dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan mengintegrasikan matematika dengan budaya atau kehidupan siswa. Siswa diharapkan dapat menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan etnomatematika menghindari pembelajaran matematika yang terlalu formal dan abstrak sehingga pembelajaran matematika akan lebih mudah dipahami dan menarik di mata siswa. Artikel ini akan membahas bagaimana strategi pembelajaran etnomatematika yang memberdayakan melalui permainan Ma'cciccu dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematis siswa. Metode implementasi ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode ini menghasilkan data deskriptif berupa kalimat tertulis dan lisan dari orang dan perilaku yang diamati, dalam hal ini SDN 59 siswa Garotin sebagai objek kegiatan. Kegiatan ini menghasilkan gambaran umum dari peristiwa-peristiwa tertentu, uraian yang dimaksud adalah proses pemberdayaan strategi pembelajaran etnomatematika permainan Ma'cciccu dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis matematika. Setelah melakukan praktik langsung tentang cara mempelajari strategi etnomatematika melalui permainan Ma'cciccu, keterampilan berpikir analitis siswa meningkat, yang awalnya kurang keterampilan pemecahan masalah, keterampilan berhitung rendah, dan kurangnya kolaborasi dan komunikasi yang baik. Memberdayakan strategi pembelajaran etnomatematika melalui permainan Ma'cciccu merupakan pendekatan inovatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa. Dengan mengintegrasikan budaya lokal ke dalam pembelajaran, siswa tidak hanya belajar matematika, tetapi juga memahami relevansi dan penerapan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui permainan Ma'cciccu, siswa dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Referensi
Damayanti, R., Damayanti, R., Huda, N., Hermina, D., Yani NoKm, J. A., Bunga, K., Banjarmasin Tim, K., Banjarmasin, K., & Selatan, K. (2024). Pengolahan Hasil Non-Test Angket, Observasi, Wawancara Dan Dokumenter. Student Research Journal, 3, 259–273. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i3.1343
Irmayanti, & Danial. (2019). Sekolah Dasar Di Sinjai Selatan Exploration Ethnomatematics Game of. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 90–104.
Ningrum, K. novia, Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(20), 63–64. https://jim.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/21664
Nursanti, Y. B., Saputra, B. A., Gibran, G. K., Maret, U. S., Artikel, I., Matematis, K., & Education, J. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN. 12(3), 107–113.
Primasatya, N. (2021). Analisis Kebutuhan Media Congklak Ekspresif Berbasis Etnomatematika Untuk Menumbuhkan Numerasi Siswa Kelas. 1113–1119.
Rosa, E., Destian, R., Agustian, A., & Wahyudin, W. (2024). Inovasi Model dan Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(3), 2608–2617. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1153
Sarah, S., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng Di Kelurahan Bahagia, Babelan, Bekasi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 21–29. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i1.4289
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Biografi Penulis
A. Widia Diningsih, universitas muhammadiyah bone
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 A. Widia Diningsih, Sirwanti, Andi Muhammad Irfan Taufan Asfar

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).