Pelatihan Mengkontruksi Media Manual Menentukan Luas Daerah Poligon Bagi Para Guru SD di Gugus 10 Puyung Selatan Kecamatan Jonggat

Penulis

Ketut Sarjana , Ulfa Lu'luilmaknun , Junaidi , Gilang Primajati , Bunial Khawarizmi

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.10194

Diterbitkan:

2025-06-01

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Merancang, Pedoman pengembangan, media manual, luas daerah bidang datar

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Sarjana, K., Lu’luilmaknun, U., Junaidi, Primajati, G., & Khawarizmi, B. (2025). Pelatihan Mengkontruksi Media Manual Menentukan Luas Daerah Poligon Bagi Para Guru SD di Gugus 10 Puyung Selatan Kecamatan Jonggat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 336–343. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.10194

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Para guru SD di Gugus 10 Puyung belum optimal membelajarkan konsep geometri khususnya mengenai luas daerah poligon. Belum optinmalnya terlihat dari guru belum menggunakan alat bantu, pada hal konsep geometri adalah abstrak. Sedangkan siswa SD taraf berpikirnya masih kongkret. Belum digunakannya alat bantu disebabkan karena para guru belum memahami konsep tentang luas dan kemampuan untuk merancang medianya masih rendah. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah : 1) Meningkatkan kemampaun guru pendidkan dasar pengajar matematika di Yayasan Al-Aziziah tentang konsep dan prinsip luas daerah bidang datar, 2) Meningkatkan kemampuan merancang media manual dan pedoman pengembangannya untuk menentukan Formula atau prinsip  luas daerah bidang datar. Permasalahan yang dialami oleh para guru terkait dengan merancang pedoman pengembangan media manual menetukan luas daerah bidang datar, maka solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini :1) Memberikan pemahaman tentang merancang media manual menentukan luas daerah bangun datar, 2) Simulasi dan praktek merancang pengembangan pembelajaran menggunakan media manual menentukan luas daerah dan 3) Diskusi dalam kelompok kerja dan presentasi tentang hasil kontruksi media manual dan langkah-langkah pengembangannya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang telah dilakukan  ternyata sangat efektif yakni terjadi perubahan kearah perbaikan yang signifikan karena skor rata-rata  pre-tes = 4, 25 dan skor rata-rata post-tes = 7,30. Hasil uji statistic t diperoleh bahwa  = 19,874 > ttabel  = 2,093 pada tafar signifikasi 0,05. Jadi secara keseluruhan bahwa pengetahuan tentang luas daerah bangun datar dan keterampilan merancang pengebangan pembelajaran menggunakan alat peraga manual menentukan luas daerah bidang  rata  meningkat yang ditunjukkan oleh perubahan nilai rerata tersebut. Dengan diperolehnya hasil dari kegiatan ini  diharapkan  pelatihan ini diperluas dalam rangka memperkuat pelaksanaan kurikulum yang mengintegrasikan TPACK sehingga pembelajaran dapat membangun sifat kreatif dan kritis.

Referensi

Aisyah, N, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Asra, Deni Darmawan, Cepi Riana. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasioanal. Jakarta.

Hudoyo, H (2018). Pengembangan Kurikulum Matematika di depan Kelas, Usaha Nasional Surabaya.

Kemendikbu 2016. Konsep dan implementasi Kurikulum 2013, Jakarta.

Marie-Christine Opdenakker, Jan Van Damme. 2006. Teacher Characteristic and Teaching Style Effectiveness Enhancing Factors of Classroom Practice, Teaching and Teacher Education 22 : www.Elsevier.com/locate/tate.

National Education Association (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society: An educator's Guide to the "Four Cs". Alexandria, VA: National Education Association.

Russefendi ET ( 2018). Pendidikan Matematika III Modul 1-9, Depdikbud, Proyek Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Suherman dan Winataputra ,(1993) . Strategi Belajar Mengajar Matematika. DEPDIKBUD DirDirjen Dikdasmen Bagian Proyek Penataran Guru SLTP. Jakarta.

Sarjana Ketut, Sridana Nyoman, M. Turmuji (2018). Desain Media Peraga dan Bantu Pembe lajaran Geometri bagi siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi, Hasil Penelitian yang dibiayai dari dana PNBP UNRAM 2018.

Suwaji, Untung Trisna. (2018). Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif pemecahannya. Yogyakarta : P4TK Matematika.

Widayat, W. 2018. Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Melalui Fitur Kelas Maya Portal Rumah Belajar. diakses dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/09/implementasi-pengembangan- kecakapan-abad 21-melalui-fitur-kelas-maya-portal-rumah-belajar/ tanggal 23 november 2023 pukul 09.30

Yaumi, M. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Predana Media Group

Biografi Penulis

Ketut Sarjana, Universitas Mataram

Ulfa Lu'luilmaknun, Universitas Mataram

Junaidi, Universitas Mataram

Gilang Primajati, Universitas Mataram

Bunial Khawarizmi, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Ketut Sarjana, Ulfa Lu'luilmaknun, Junaidi, Gilang Primajati, Bunial Khawarizmi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).