Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Pengembangan Computational Thinking Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDN 14 Cakranegara

Penulis

Dadi Setiadi , M. Hakim , M. Makki

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.10195

Diterbitkan:

2025-06-12

Unduhan

Abstrak

Mutu pembelajaran di SDN gugus KKG di Cakrenegara masih harus ditingkatkan agar bisa memenuhi stándar proses pendidikan Kurikulum Merdeka  dan bisa mengembangkan keterampilan berpikir komputational. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat  adalah untuk memberikan pemahaman kepada para tenaga pendidik  secara komprehensif terkait  pembelajaran berbasis pengembangan komptentensi Computational  Thinking Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam pengabdian berbentuk  workshop yang lebih berbasis pada praktek langsung menyusun perencanaan untuk pemenuhan tagihan mutu pembelajaran berbasis Pengembangan Computational  Thinking. Hasil menunjukkan bahwa secara keseluruhan pendidik telah  memiliki pemahaman komprehensif  tentang penyusunan perencanaan  pembelajaran untuk pengembangan kemampuan computational thinking.Pemahaman tersebut mencakup pengintegrasian kompetensi Computational  Thinking dalam kurikulum dan pembelajaran sesuai kurikulum merdeka termasuk dalam pelaksanaan projek profil pelajar pancasila dan sesuai mata pelajaran.

Kata Kunci:

Computational Thinking, Kurikulum Merdeka

Referensi

Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kignitif Peserta Didik di Kota Metro. 2, 9–17.

Bahar, Herwina., dan V. H. S. (2020). Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.

Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational thinking - a guide for teachers Swindon. Computing at School 18pp. Retrieved from: https://eprints.soton.ac.uk/424545/

CSTA. (2016). K-12 Computer Science Framework. 297. https://dl.acm.org/ citation.cfm?id=3079760

Ioannidou, A., Bennett, V., Repenning, A., Koh, K. H., & Basawapatna, A. (2011). Computational Thinking Patterns. Online Submission, 2, 1–15.

Jacob, S. R., & Warschauer, M. (2018). Computational Thinking and Literacy. Journal of Computer Science Integration, 1(1).

Liem, I., Natali, V., Hakim, H., & Natalia. (2022). Modul Mata Kuliah Computational Thinking. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Magdalena, I., Hifziyah, M., Aeni, V. N., & Rahayu, R. P. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Tangerang. 2, 227–237.

Nasution, S. W. 2021. Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42. doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Tabesh, Y. (2017). Computational thinking: A 21st century skill. Olympiads in Informatics, 11(Special Issue), 65–70. https://doi.org/10.15388/ioi.2017.special.10

Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35. https://doi.org/10.1145/1118178.111821

Wulandari, Wiwin., & E. F. (2022). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan yang Membebaskan Paulo Freire. Ilmiah Indonesia, 7(3), 2037–2048.

Yang, D., Baek, Y., Ching, Y.-H., Swanson, S., Chittoori, B., & Wang, S. (2021). Infusing omputational Thinking in an Integrated STEM Curriculum: User Reactions and Lessons Learned. European Journal of STEM Education, 6(1), 04. https://doi.org/10.20897/ejsteme/9560

Yasin, M. (2020). Asesmen Penulisan Jurnal untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi (Journal Writing Assessment to Improve Computational Thinking Ability) 1 1. 0–21.

Biografi Penulis

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

M. Hakim, Universitas Mataram

M. Makki, Universitas Mataram

Cara Mengutip

Setiadi, D., Hakim, M., & Makki, M. (2025). Pengembangan Computational Thinking Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDN 14 Cakranegara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.10195