Kegiatan PLP Sebagai Solusi Dalam Mengasah Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Di SMAN 8 Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.10212Diterbitkan:
2024-12-27Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP), Media, Tekhnologi InformasiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari peran yang dilakukan oleh guru dalam menunjang pembangunan nasional, pembangunan nasional terutama yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Pada lembaga pendidikan formal terkandung maksud untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang bermutu melalui serangkaian proses yang telah di atur berdasarkan kurikulum yang ada pada mada masing-masing jenjang Pendidikan, seperti pada Sekolah Menengh Atas (SMA). Usaha untuk meningkatkan komptensi mahasiswa calon guru dapat dilakukan dengan cara antara lain melalui Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP). Pelaksanaan PLP yang dilakukan oleh Mahasiswa di SMA Negeri 8 Mataram berjalan dengan baik, karena merupakan sekolah yang kondusif untuk pelaksanaan proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi lingkungan fisik, lingkungan sosial dan managemen yang sudah cukup memadai. Hambatan yang dihadapipun dapat terselesaikan dengan mudah dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis teknologi informasi.
Referensi
Amalia, R dan Ratnawati, 2024. Aktivitas PLP Dasar sebagai Alternatif Pengenalan Lingkungan Sekolah di SD Unggulan Puri Taman Sari. Jurnal Riset Guru Indonesia (JRGI), Vol.3,No. 3, November 2024, e-ISSN:2962-701X, DOI: https://doi.org/10.62388/jrgi.v3i3.455: [149-158].
Firdianti, A., & Pd, M. 2018. Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Gre Publishing.
Haryawan, S., Muchtar, B., Syofyan, R. 2019. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Miinat Menjadi Guru. Jurnal Ecogen, Volume 2, Nomor 3,https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7328/3408 : [218-22].
Nasution, A.F, 2023. Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative, Bandung
Nursyam, A. (2019). Peningkatan minat belajar siswa melalui media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18(1), 811-819.
Rahmadiyani, S. dan Hariani, L.S. 2019. Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi (JRPE) e-ISSN: 2540-9247. Volume: 5, Nomor: 1: [10 -23].
Sadikin, A., dan Siburian, J. 2019. Analisis pelaksanaan pengenalan lapangan persekolahan (PLP) FKIP Universitas Jambi bidang studi pendidikan biologi di SMA PGRI Jambi. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 90-99.
Sari, D.R.C, 2018. Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, dan Teman Sebaya terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). Volume 6 Nomor 3 Tahun 2018. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p: [161-168].
Septiani, D. H dan Widiyanto, 2021. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Educational Analysis Journal (EEAJ) volume 10, Nomor 1, e-ISSN 2502-356X, https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/44663/18618, DOI: 10.15294/eeaj.v10i1.44663: [130-144].
Yuliawati, A. D dan Ranu, M. E, 2024. Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Pilihan Karir Menjadi Guru pada Mahasiswa. Edukatif; Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 6 Nomor 3 Juni 2024. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/44663/18618, DOI: 10.15294/eeaj.v10i1.44663: [2275 – 2286]
Yusfiana, A. N, dan Ratnawati. 2024. Aktivitas Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dasar Sebagai Alternatif Pengenalan Lingkungan Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Guru Indonesia (JRGI) Vol.3, No.2,Juli 2024, e-ISSN:2962-701X, p-ISSN:2961-8185, https://journal.almeeraeducation.id/jrgi/article/view/442/174: [95–107].
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Khairuddin, Sri Wahyuni, Salmiati

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).