Optimalisasi Peran Mahasiswa Universitas Mataram Sebagai Mitra Strategis dalam Program MBKM-Mandiri: Asistensi Mengajar di SMA 1 Lingsar
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10255Diterbitkan:
2025-01-09Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
MBKM-Mandiri ; Asitensi Mengajar; MahasiswaArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Program MBKM-Mandiri Asistensi Mengajar di SMAN 1 Lingsar memberikan ruang bagi mahasiswa Universitas Mataram untuk berkontribusi sebagai mitra strategis dalam mendukung pengelolaan dan pengembangan kegiatan sekolah. Tujuan utama dari program ini adalah menggali peran dan dampak keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas pengajaran, manajerial, dan pengelolaan kegiatan sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Mahasiswa juga dilibatkan dalam supervisi, pelaksanaan program kerja, serta penguatan nilai wiyata mandala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis keterlibatan dan kontribusi mahasiswa selama program berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif bagi, tidak hanya bagi mahasiswa dalam hal pengembangan kompetensi dan keterampilan di luar kampus, tetapi juga bagi SMA N 1 Lingsar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengelolaan kegiatan. Selain itu, program ini turut memperkuat hubungan antara universitas dan mitra sekolah dalam mendukung keberhasilan pendidikan.
Referensi
Herianto, E. ., Haslan, M. M. ., Ainun, A., Septiana, E., Aziz, S. ., Suryani, A. I. ., Sahira, E., & Novitasari, N. (2024). Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa pada Program MBKM Mandiri-Asistensi Mengajar melalui Pelatihan Mandiri Terintegrasi. Jurnal Gema Ngabdi, 6(3), 179–194. https://doi.org/10.29303/jgn.v6i3.534
Lestari, S., Fatonah, K. and Halim, A. (2022) ‘Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679.
Syah, A. D. M., Lailia, I. A. A., Novianti, A., Erina, N., & Sholikhudin, M. A. (2023). Impelementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar di SMA Sejahtera Prigen. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.26
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Desy Ayu Nur Zurati, Fadhilah Apriani, Baiq Laili Nisfi Siami Masruri, Saindi Purmasari, Lulu Dwi Lestari, Aprianti, Herlina, Eni Suyantri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).