Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025
Akses Terbuka
Peer Reviewed

Optimalisasi Peran Mahasiswa Universitas Mataram Sebagai Mitra Strategis dalam Program MBKM-Mandiri: Asistensi Mengajar di SMA 1 Lingsar

Penulis

Desy Ayu Nur Zurati , Fadhilah Apriani , Baiq Laili Nisfi Siami Masruri , Saindi Purmasari , Lulu Dwi Lestari , Aprianti , Herlina , Eni Suyantri

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i1.10255

Diterbitkan:

2025-01-09

Unduhan

Abstrak

Program MBKM-Mandiri Asistensi Mengajar di SMAN 1 Lingsar memberikan ruang bagi mahasiswa Universitas Mataram untuk berkontribusi sebagai mitra strategis dalam mendukung pengelolaan dan pengembangan kegiatan sekolah. Tujuan utama dari program ini adalah menggali peran dan dampak keterlibatan mahasiswa dalam aktivitas pengajaran, manajerial, dan pengelolaan kegiatan sekolah, baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Mahasiswa juga dilibatkan dalam supervisi, pelaksanaan program kerja, serta penguatan nilai wiyata mandala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menganalisis keterlibatan dan kontribusi mahasiswa selama program berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif bagi, tidak hanya bagi mahasiswa dalam hal pengembangan kompetensi dan keterampilan di luar kampus, tetapi juga bagi SMA N 1 Lingsar dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengelolaan kegiatan. Selain itu, program ini turut memperkuat hubungan antara universitas dan mitra sekolah dalam mendukung keberhasilan pendidikan.

Kata Kunci:

MBKM-Mandiri ; Asitensi Mengajar; Mahasiswa

Referensi

Herianto, E. ., Haslan, M. M. ., Ainun, A., Septiana, E., Aziz, S. ., Suryani, A. I. ., Sahira, E., & Novitasari, N. (2024). Meningkatkan Partisipasi Mahasiswa pada Program MBKM Mandiri-Asistensi Mengajar melalui Pelatihan Mandiri Terintegrasi. Jurnal Gema Ngabdi, 6(3), 179–194. https://doi.org/10.29303/jgn.v6i3.534

Lestari, S., Fatonah, K. and Halim, A. (2022) ‘Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta’, Jurnal Basicedu, 5(6), pp. 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679.

Syah, A. D. M., Lailia, I. A. A., Novianti, A., Erina, N., & Sholikhudin, M. A. (2023). Impelementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asistensi Mengajar di SMA Sejahtera Prigen. ABDI UNISAP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–41. https://doi.org/10.59632/abdiunisap.v1i1.26

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Cara Mengutip

Zurati, D. A. N., Fadhilah Apriani, Baiq Laili Nisfi Siami Masruri, Saindi Purmasari, Lulu Dwi Lestari, Aprianti, … Eni Suyantri. (2025). Optimalisasi Peran Mahasiswa Universitas Mataram Sebagai Mitra Strategis dalam Program MBKM-Mandiri: Asistensi Mengajar di SMA 1 Lingsar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(1), 6–12. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i1.10255