Pelatihan Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Kampus Fkip Unram Menggunakan Bioteknologi Em4 (Effective Microorganism 4) Menjadi Pupuk Bokashi

Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi , Agil Al Idrus , A. Wahab Jufri , Didik Santoso , I Wayan Mertha

DOI:

10.29303/jpmpi.v4i4.1027

Diterbitkan:

2021-10-15

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pengelolaan, Sampah, EM4, Pupuk Bokashi.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Ilhamdi, M. L., Idrus, A. A., Jufri, A. W., Santoso, D., & Mertha, I. W. (2021). Pelatihan Pengelolaan Sampah Di Lingkungan Kampus Fkip Unram Menggunakan Bioteknologi Em4 (Effective Microorganism 4) Menjadi Pupuk Bokashi. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1027

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Selama ini pengelolaan sampah di lingkungan belum banyak dilakukan. Sampah yang ada hanya dibuang  ke tempat sampah, Namun jika dikelola dengan baik maka lingkungan akan menjadi sehat dan mendatangkan  keuntungan  karena dapat dijadikan pupuk organik yang  dapat  digunakan untuk menyuburkan lahan pertanian dan mendukung pertanian ramah lingkungan yang diharapkan semua pihak. Di Kampus FKIP Unram belum mengelola sampah dengan mengubah sampah menjadi pupuk. Oleh karena itu perlu upaya untuk  mengelola sampah yang ada menjadi pupuk bokashi dengan bioteknologi EM4. Tujuan dari kegiatan ini ialah mengimplementasikan bioteknologi  EM4  untuk mengelola sampah menjadi pupuk  bokashi. Metode yang digunakan  meliputi  ceramah, pelatihan, diskusi tanya jawab dan pendampingan pengelolaan sampah dengan bioteknologi EM4 di kampus FKIP Universitas Mataram. Hasil pengabdian  sebagai berikut : 1). seluruh peserta antusias mengikuti kegiatan pengabdian pelatihan pengelolaan sampah di lingkungan Kampus FKIP Unram  menggunakan  Bioteknologi EM4 (Effective Microorganism) menjadi  pupuk bokashi. 2). Materi pelatihan 100% peserta  mengikuti dan memahami isi kegiatan pengabdian. 3). Hasil pelatihan dapat diterapkan dengan menghasilkan pupuk bokashi yang siap diaplikasikan untuk tanaman. Kesimpulan kegiatan ini adalah pengelolaan sampah dengan bioteknologi EM4 di Kampus FKIP Unram telah dilakukan dengan menghasilkan produk pupuk bokashi yang baik oleh peserta pengabdian.

Referensi

HigaTeruo, 1998, Materi Latihan Teknologi EM, Departemen Pertanian, Jakarta.

Harapan, Hari Anggari.2000. Ekologi, Penerbit Balai Pustaka Jakarta.

Indriani, Hety Yovita.2011. Pembuatan Pupuk Kilat. Penebar Swadaya, Jakarta

Kartika, Gema Juang.2013. Bertanam dan Sayuran Organik. Penebar Swadaya. Jakarta

Sardjoko, 1991, Bioteknologi, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suryati, Teti.2014. Bebas Sampah dari Rumah. Penerbit PT Agromedia Pustaka, Jakarta

Widarti, Nining.2015. Pengruh Rasio C/N Bahan Baku Pada Pembuatan Kompos Dari Kubis Dan Kulit Pisang, Jurnal Integrasi Proses Vol. 5, No. 2, 77

Biografi Penulis

Mohammad Liwa Ilhamdi, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).