Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Madrasah Ibtidaiyah Islahul Muta'alim
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10286Diterbitkan:
2025-01-20Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
Sosialisasi, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, PHBSArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tidak hanya diterapkan pada lingkungan rumah tetapi lingkungan sekolah juga penting dilakukan penerapan PHBS. Salah satu masalah kesehatan yang paling sering muncul akibat tidak melaksanakan penerapan PHBS terutama pada anak usia 6-12 tahun seperti diare, tifus, penyakit kulit, cacingan, dan ISPA. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah sosialisasi dengan pemaparan materi menggunakan Powerpoint yang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab dan diakhiri dengan demonstrasi cara mencuci tangan yang baik dan benar. Dengan dilakukannya pemaparan materi terkait PHBS di sekolah diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan minat dalam penerapan PHBS di untuk menciptakan lingkungan sekolah nyaman dan bersih.
Referensi
Budianti, N., & Hidayani, W. R. (2022). Faktor Risiko Kesehatan pada Anak Sekolah Dasar. Buletin Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 1(01), 41–46. https://doi.org/10.56741/bikk.v1i01.40
Diana Morika, H., Sakti Anggraini, S., Sandra, R., Rika Nofia, V., & Afifah, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Di SDN 05 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Saintika Meditory, 6(1), 105–112.
Kementerian Kesehatan RI. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Menteri Kesehatan Republik Indonesia.
Kementerian Kesehatan RI. (2016). PHBS. https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs.
Muchtar, F., Suhadi, Zainuddin, A., & Kohali, R. E. S. O. (2023). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa SD Negeri 9 Moramo, Desa Ranooha Raya, Kecamatan Moramo, Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(4), 871–880.
Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2018). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Sekolah. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.35568/abdimas.v1i2.327
Rini, Z. R., Purwanti, K. Y., & Minardo, J. (2022). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1, 80–84.
Salim, M. F., M. Syairaji, M. S., Santoso, D. B., Pramono, A. E., & Askar, N. F. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Samigaluh Kulonprogo. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.22146/jp2m.51342
Sulastri, S., Nopiyanto, Y. E., Nevitasari, D., Muklis, J., & Marlina, L. (2022). Sosialisasi Kesehatan Diri Pada Anak-Anak di Sekolah Dasar Negeri 62 Lebong. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v2i1.21504
Yunaz, H., Andriyanty, R., Wijayanti, D. T., Young, M., Hee, B. S., Gyeong, C. S., Yoon, P. J., & Jung, L. S. (2020). Penyuluhan tentang Hidup Bersih dan Sehat bagi Murid Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 237–244.
Biografi Penulis
Zulfia Ika Indriani, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zulfia Ika Indriani, Rinta Putri Yanuar, Tity Afriliani, Syauzatta Amani, Neneng Rachmalia Izzatul Mukhlishah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).