Efektivitas Penambahan Tablet Tambah Darah Pada Peningkatan Nilai Hemoglobin Siswi SMPN 23 Mataram
DOI:
10.29303/jpmpi.v7i4.10309Diterbitkan:
2025-01-09Terbitan:
Vol 7 No 4 (2024): Oktober-Desember 2024Kata Kunci:
: Blood increasing tablets, Anemia, HemoglobinArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Background: Anemia is a disease caused by low hemoglobin levels. Anemia in adolescent girls is a problem that must be addressed immediately, because anemia in adolescent girls is at risk of becoming anemia in pregnant women. Pregnant women who suffer from anemia are not only at risk of giving birth to babies with low birth weight (LBW), but also have the potential to experience complications during pregnancy and childbirth, even death for the mother and child. Objective: To determine hemoglobin levels in teenage students of SMPN 23 Mataram who consume blood supplement tablets. Method: The research method used was cross sectional analytical with research procedures, namely that the researcher carried out direct collection and examination of a sample of respondents who had consumed blood supplement tablets. Results: The overall results obtained from 30 (100%) samples were 4 (15%) samples that were indicated as positive for anemia and the remaining 26 (85%) samples were declared negative for anemia. Conclusion: From the percentage of results obtained, it is said that administering blood supplement tablets which are consumed regularly in accordance with applicable procedures is indicated to be successful in increasing hemoglobin levels in the blood of female students at SMPN 23 Mataram.
Referensi
Arniti, N. L., Septriana, S., & Nofiartika, F. (2021). Pencegahan dan Penanggulangan Anemia Terhadap Pengetahuan, Kepatuhan Konsumsi Tablet Tambah Darah, dan Kadar Hb pada Remaja Putri. Jurnal GIZIDO, 13(1 Mei), 1-6.
Deswati, D. A., Suliska, N., & Maryam, S. (2019). Pola Pengobatan Anemia Pada Ibu Hamil di Salah Satu Rumah Sakit Ibu dan Anak. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1).
Kemenkes RI. (2020). Hasil Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Kemenkes RI. (2024). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur (WUS). Jakarta: Direktorat Gizi Masyarakat.
Lestari, Pratiwi Puji, Bening Prawita Sari, and Darmayanti Wulandatika. 2020. “Education About Anemia And Nutrition In Adolescent Girls.” Comment: An International Journal of Community Development 3 (1):1–4
Maesaroh, S., Widiyanto, A., Sunaryati, S. S. H., Fauziah, A. N., & Anasarini, A. (2023). Pengetahuan Tentang Anemia Dan Kepatuhan Konsumsi Tablet Penambah Darah Pada Remaja Perempuan. Jurnal Kebidanan Indonesia, 14(2), 136-143.
Nadiya, N. (2023). GAMBARAN PERILAKU KONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH MAHASISWI DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA TAHUN 2023 (Doctoral dissertation, fakultas Kesehatan masyarakat).
Nursyamsi, Yusriani, Andi Asrina. Komunikasi Petugas Kesehatan Berhubungan Dengan Pengetahuan Dalam Mencegah Anemia. Wind Public Healt J. 10 (2), 260-268, 2020.
Quraini, D. F. (2019). Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Perilaku dengan Niat Patuh Konsumsi Tablet Tambah Darah sebagai Upaya Pencegahan Anemia pada Remaja.
Runiari, N., & Hartati, N. N. (2020). Pengetahuan Dengan Kepatuhan Minum Tablet Tambah darah Pada Remaja Putri. Jurnal Gema Keperawatan, 13(2), 103–110. https://doi.org/10.33992/jgk.v13i2.1321
Suharmanto, S., Mutmainnah, S., & Zuraida, R. (2023). Pengetahuan dan Sikap Berhubungan dengan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1321-1328.
Tim medis Siloam Hospital. 2024. Siloam Hospital. Algorithm, https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kadar-hemoglobin-normal, diakses tgl 12 September 2024.
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aini, I Gde Narda Widiada, Jumari Ustiawaty, Ariyani Ayu Maulana

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).