Pemanfaatan Elektrostimulator AES-5 Sebagai Terapi Komplementer untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di PT. Petro Graha Medika Klinik Satelit Kalimantan Gresik

Penulis

Nurul Fitriyah , Suryani Dyah Astuti , Suhariningsih , Winarno , Reza Destiani

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1035

Diterbitkan:

2022-02-12

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

Acupuncture Electro-stimulator (AES), Terapi, Health service, Dosis, Instrumentasi medis

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Fitriyah, N., Suryani Dyah Astuti, Suhariningsih, Winarno, & Reza Destiani. (2022). Pemanfaatan Elektrostimulator AES-5 Sebagai Terapi Komplementer untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di PT. Petro Graha Medika Klinik Satelit Kalimantan Gresik. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 132–139. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1035

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kualitas pelayanan kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Permasalahan yang sering dialami oleh tenaga kesehatan (nakes) maupun tenaga kesehatan tradisional (nakestrad) di sebagian besar unit pelayanan kesehatan adalah kurangnya pengetahuan tentang penggunaan alat terapi elektrostimulator AES-5 (Acupuncture Electro-stimulator) sebagai alat terapi komplementer untuk meningkatkan imunitas tubuh. Adapun masalah kedua yaitu pemahaman tentang konsep kelistrikan AES-5 dan bagaimana menentukan dosis yang efektif dan aman bagi pasien terapi.  Permasalahan tersebut juga dialami oleh mitra pengmas yaitu nakes dan nakestrad mitra yang berasal dari Puskesmas Sukomulyo Kecamatan Manyar Gresik dan di PT. Petro Graha Medika Klinik Satelit Kalimantan, Gresik. Workshop AES-5 sebagai rangkaian kegiatan pengmas telah dilaksanakan secara hybrid (luring terbatas dan daring) dengan peserta kegiatan yaitu nakes dan nakestrad mitra pengmas. Pembekalan materi workshop meliputi konsep dasar kelistrikan elektrotimulator, penentuan dosis efektif dan penggunaan AES-5 secara aman untuk pasien. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penguasaan konsep dasar kelistrikan pada elektrostimulator dan kemampuan menghitung dosis energi listrik, yang dimiliki oleh nakes dan nakestrad sehingga dapat memberikan pelayanan terapi dengan elektrostimulator AES-5 secara efektif dan aman bagi pasien. Peserta workshop baik nakes dan nakestrad yang mengikuti secara daring dan luring sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara dan  monitoring secara berkala dan keberlanjutan telah dilaksanakan sebagai media komunikasi dua arah dengan  mitra PKM untuk mengevaluasi kebermanfaatan AES-5 dan maintenance  intrumentasi medis tersebut untuk meningkatkan efektivitas terapi pada pasien.

Referensi

Djaya, H. P, 2011. Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Evrita, L. U., Irawadi B., I Made G. G. P., 2017. Simulasi Alat Elektrostimulator Akupunktur Berbasis Mikrokontroler ATMega16. Teknoin Vol. 23 No. 1 hal. 29-42

Ferry, 2004. Pengukuran Impuls tegangan pada Saraf Sensorik Manusia dengan Memberikan rangsangan Listrik serta Pemodelannya dalam Rangkaian Impedansi. Universitas Gajah mada, Yogyakarta.

Indria, D. P. 2014. Perancangan Alat Pilse Oximetry dengan Sistem Alarm Prioritas sebagai Vital Monitoring Terhadap Pasien. Universitas Respati Yogyakarta.

Rifatul, W., (2011). Urgensi Berkembangnya Industri Instrumentasi Medik di Indonesia Menuju Kemandirian Industri Mendik Nasional. https://www.bppt.go.id/berita-bppt/urgensi-berkembangnya-industri-instrumentasi-medik-di-indonesia-menuju-kemandirian-industri-nasional diakses pada tanggal 12 Maret 2021.

Purnomo, W., Moersintowarti B. N., Rita, Y. 2009. Penggunaan Stimuli Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (Tens) Dapat Menurunkan Intensitas Nyeri dan Tingkat Kecemasan pada Persalinan Kala I. Indonesian Journal of Public Health, vol. 5, no. 3.

Suhariningsih, Astuti, S. D., Tri, A. P., Fitriyah, N., 2020. Buku Petunjuk Praktikum Fisika Eksperimental I. Universitas Airlangga Publishing, edisi 2020 hal. 22-27

Sumardi, J., I Nyoman, G. 2014. Perencanaan dan pembuatan Alat Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) Berbasis Microcontroller Atmega. Akademi Teknik Elektro Semarang. Semarang.

Biografi Penulis

Nurul Fitriyah, Departemen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga

Departemen Fisika

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).