Membangun Kreativitas Dan Kesadaran Lingkungan Melalui Lomba Daur Kreatif Menggunakan Sampah Di SMAN 2 Narmada
Daur Kreatif
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i1.10354Diterbitkan:
2025-02-06Terbitan:
Vol 8 No 1 (2025): Januari-Maret 2025Kata Kunci:
Pendampingan; Wawasan Wiyata Mandala; Daur Kreatif; Barang-barang bekas; pemanfaatan; KreativitasArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Tujuan dalam program ini ialah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam memanfaatkan barang bekas menjadi karya yang bernilai guna sekaligus menanamkan kesadaran lingkungan yang ada di SMAN 2 Narmada dengan memanfaatkan barang-barang bekas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini dipilih karena tujuan penelitian tidak untuk menguji hipotesis atau spekulasi tertentu, melainkan untuk memperoleh pemahaman dan penafsiran yang mendalam. Hasil ketercapaian dari program ini yaitu antusiasme tinggi dan kemampuan bekerja sama dalam tim, menghasilkan karya-karya inovatif yang tidak hanya kreatif tetapi juga fungsional. Program ini juga berhasil menumbuhkan kesadaran lingkungan di kalangan siswa dan mengasah keterampilan praktis mereka dalam mengelola barang bekas.
Referensi
Cisse, A., & Rasmussen, A. (2022). Qualitative Methods. In Comprehensive Clinical Psychology.
Craswell, J. W., & Craswell, D. J. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches ((Sixth Edition)). Carnegie Mellon University, USA.
Mihas, P. (2023). Qualitative research methods: Approaches to qualitative data analysis. In . In International Encyclopedia of Education (Fourth Edition, pp. 302–313).
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ndiung, S., Nurtati, R., Jenimantris, Y., Eni, B. L., & Mulianti, E. (2022). Pelatihan Pengolahan Sampah Plastik Menjadi Produk Kreatif Bernilai Ekonomis. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(3), 849-855.
Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6
Biografi Penulis
Alda Wulandari, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sisi Samarina, Saskia Hairun Nisa, Olifia Riski Saputri, Tri Sultania, Alda Wulandari, Sania Liyyin, Ela Hultaria, Suci Insani Redjeki, Siti Sundari, Rianto Atmawijaya, Lalu Trisna Wahyudi, Muhamad Mayadi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).