Implementasi Pembelajaran IPA Berbasis Ekosistem Mangrove sebagai Laboratorium Alam di Ekowisata Bale Mangrove
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.10378Diterbitkan:
2025-06-28Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Ekosistem Mangrove, Ekowisata Bale Mangrove, Laboratorium Alam, Pembelajaran IPAArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Pendidikan berbasis ekosistem mangrove sangat relevan dalam mendukung pembelajaran kontekstual, terutama bagi siswa yang tinggal di daerah pesisir. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ekosistem mangrove melalui eksplorasi langsung di Ekowisata Bale Mangrove, Desa Poton Bako, sebagai laboratorium alam. Penelitian ini menggunakan metode Service Learning dengan fokus pada pengembangan bahan ajar berbasis ekosistem mangrove. Proses pengembangan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan uji lapangan dengan siswa SDN 4 Jerowaru. Hasil dari program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim KKN Tematik Bale Mangrove dari Universitas Mataram menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis ekosistem mangrove dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya mangrove. Pembelajaran yang dilakukan dalam lingkungan nyata dan kontekstual memungkinkan siswa untuk lebih memahami dan menerapkan konsep ilmiah dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, program ini berhasil meningkatkan pengetahuan siswa tentang ekosistem mangrove
Referensi
Afandi, A., Laily, N., & Noor Wahyudi, M. H. U. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (J. W. Suwendi, Abd. Basir (ed.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak: The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.
Humairah, E. (2022). Media pembelajaran berbasis power point guna mendukung pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 249-256.
Khaeruddin., Mustari, U. A., & Padli, F. (2022). Permasalahan Pendidikan Anak Pesisir: Studi Kasus di Dusun Taipa Kabupaten Takalar. Arus Jurnal Pendidikan, 2(1), 28-33.
Pellokila, I. R., & Sagala, N. (2019). Strategi Pengembangan Ekowisata Hutan Mangrove Di Kawasan Pantai Oesapa. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 2(1), 47-63.
Santoso, D., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2022). Development of Science Teaching Materials Based on Ecological Value of Mangrove Ecosystems as a Strategy to Improve Science Literacy of Junior High School Students on the South Coast of East Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 283–290.
Syukur, A., Idrus, A. A., Japa, L., & Syachruddin, A.R. (2022). Ekowisata mangrove dan pedoman pemanfaarannya sebagai laboratorium alam. Malang: Madza Media.
Syukur, A., Karnan, K., Khairuddin, K., & Yamin, M. (2019). Pengembangan Potensi Objek Wisata Alam Berbasis Konservasi di Desa Pijot Induk Kecamatan Keruak Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2), 118-121.
Biografi Penulis
Sugih Akbar Hidayat, 1Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sugih Akbar Hidayat, Nur Padia Oktaviani, Baiq Fadilla Yuliana, Sarwan Ardani, Muhamad Hatami, Novia Ramdani, Abdul Syukur, Baiq Sri Handayani, Izza Melati Sukma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).