Peningkatan Kualitas UMKM di Ekowisata Bale Mangrove melalui Kelas Bahasa Inggris
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.10386Diterbitkan:
2025-06-29Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Ekowisata, UMKM, Bahasa Inggris, Ekowisata Bale MangroveArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Ekowisata Bale Mangrove di Dusun Poton Bako, Desa Jerowaru, Lombok Timur, menarik wisatawan domestik dan internasional, membuka peluang bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar. Namun, keterbatasan kemampuan bahasa Inggris di kalangan pelaku UMKM menghambat interaksi efektif dengan wisatawan asing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris pelaku UMKM melalui pelatihan bahasa Inggris yang fokus pada komunikasi pariwisata dan pembuatan menu berbasis bahasa Inggris. Program yang dilaksanakan antara Juli hingga Oktober 2024 menunjukkan peningkatan keterampilan bahasa Inggris di kalangan peserta, serta keberhasilan dalam pembuatan menu bahasa Inggris yang mempermudah interaksi dengan wisatawan asing. Program ini meningkatkan kompetensi pelaku UMKM dalam melayani wisatawan internasional dan mendukung pengembangan Ekowisata Bale Mangrove sebagai destinasi yang berkelanjutan
Referensi
Agustiani, A., Syaiful, S., & Martina, E. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris bagi UMKM di Desa Wisata Kampung Patin Kabupaten Kampar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2437-2442.
Ariwibowo, S., & Pujimahanani, C. (2019). Pelatihan pendekatan pembelajaran transaksi bahasa inggris umkm di kecamatan rungkut Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).
Iriance, I. 2018. Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Lingua Franca dan Posisi Kemampuan Bahasa Inggris Masyarakat Indonesia Diantara Anggota MEA. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. IRWNS. Diunduh dari https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/1149
Ishak, R. P., & Simanihuruk, M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Pokdarwis Dalam Rangka Mendukung Pengembangan Desa Wisata di Desa Sukajadi Bogor. Academics in Action Journal of Community Empowerment, 3(1), 11-22.
Johnson, E. B. 2002. Contextual Teaching & Learning, What it is and why it’s here to stay. California: Corwin Press, Inc.
Saraka, S. (2020). Pembelajaran bahasa inggris berbasis pendidikan non-formal di kampung inggris kediri. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 17(1), 79-94.
Biografi Penulis
Sugih Akbar Hidayat, 1Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sugih Akbar Hidayat, Nur Padia Oktaviani, Baiq Fadilla Yuliana, Sarwan Ardani, Muhamad Hatami, Novia Ramdani, Abdul Syukur, Baiq Sri Handayani, Izza Melati Sukma

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).