Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Di SMPN 3 Mataram

Penulis

I Putu Artayasa , Muhlis Muhlis , Aa Sukarso , Gito Hadiprayitno

Diterbitkan:

2021-10-27

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Pembelajaran daring, Media pembelajaran, Video animasi, Video pembelajaran

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Artayasa, I. P., Muhlis, M., Sukarso, A., & Hadiprayitno, G. (2021). Penyuluhan Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Di SMPN 3 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1040

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Selama pandemi Covid-19, siswa SMPN 13 Mataram melaksanakan kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) dan sejak pertengahan tahun 2021 siswa telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas disamping tetap melaksanakan pembelajaran daring dari rumah. Permasalahannya, partisipasi siswa dalam pembelajaran daring sangat minim dan siswa kurang termotivasi mengerjakan tugas-tugas pembelajaran, sehingga perlu diupayakan strategi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan video animasi yang menarik minat belajar siswa. Namun, banyak guru belum  mempunyai pengalaman membuat video animasi, sehingga dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan memberikan penyuluhan pembuatan video animasi kepada guru-guru di SMPN 13 Mataram. Metode  pelaksanaan pengabdian adalah ceramah, diskusi dan pendampingan pembuatan video animasi. Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengamatan dan pengisian angket respons guru terhadap kegiatan pengabdian. Peserta pengabdian adalah sepuluh orang guru SMPN 3 Mataram.  Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukan bahwa peserta pengabdian memberikan respons positif terhadap pelaksanaan pengabdian. Pendapat peserta pengabdian adalah sebelum penyuluhan mereka mengalami banyak kesulitan membuat video animasi dan setelah pengabdian mereka merasakan cukup mudah membuat video animasi. Kesimpulan adalah kegiatan pengabdian ini memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan motivasi guru membuat video animasi pembelajaran.

Referensi

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Pancaran, 4 (1), 55-68.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Artayasa, I P. Muhlis , Hadiprayitno. G. , Merta, I W., & Karnan. (2019). Pengembangan Tes Keterampilan Proses Sains Untuk Pembinaan Olimpiade Sains Di SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA (JPMPI). 2(1), 11-16. DOI: 10.29303/jpmpi.v2i1.318

Artayasa, I P., Muhlis, Hadiprayitno, G., & Merta, I W. (2020). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Literasi Sains Siswa SMP Di Kota Mataram. Laporan Penelitian Peningkatan Kapasitas. Mataram: Universitas Mataram.

Artayasa, I. P., Muhlis., & Ramdani, A. (2020). Pembuatan Spesimen Tumbuhan dan Hewan serta Manfaatnya Dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2), 156-162. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.519

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4). 281-288. doi:https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Busdayu, Z. A., Artayasa, I P., & Kusmiyati, K. (2021). The effect of implementation of animated video on online learning during the covid-19 pandemic on students science learning outcomes. Jurnal Pijar MIPA 16(4), 498-504. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i4.2724

Handayeni, T., Artayasa, I P., & Rasmi, D. A. C. (2021). Developing online learning video based on the science technology society (STS) to improve biology learning outcomes. Jurnal Pijar MIPA, 16(4), 473-478. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i4.2794

Herliandry, L. D., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. doi: https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Joenaidy, A. M. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .(2020). Analisis Survei Cepat Pembelajaran dari Rumah dalam Masa Pencegahan COVID-19. Diperoleh dari http://repositori.kemdikbud.go.id/22366/1/1__Hasil_Survey_Cepat_BDR-Kepala_Sekolah_dan_Guru_%281%29.pdf

Limbong, T. & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori dan Praktik. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sevima. (2018). Pengertian dan Manfaat Model Pembelajaran Blended Learning. Diperoleh dari https://sevima.com/pengertian-dan-manfaat-model-pembelajaran-blended-learning/

Sugini, E. H. N. & Basit, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Animasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Alimuddin Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19 (2), 28-31.

Tantri, Y. H. (2020). Kendala dan Solusi Belajar pada Masa Covid-19. Diperoleh dari https://www.koranbernas.id/kendala-dan-solusi-belajar-pada-masa-covid19.

U-Report Indonesia Voice Matters .(2020). Rencana Kembali ke Sekolah di masa COVID-19. Diperoleh dari https://indonesia.ureport.in/opinion/4283/

Biografi Penulis

I Putu Artayasa, Universitas Mataram

SCOPUS ID: 57200114787 

Muhlis Muhlis, Universitas Mataram

Aa Sukarso, Universitas Mataram

Gito Hadiprayitno, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).