Partisipasi Mahasiswa KKN UNRAM dalam Kegiatan Vaksinasi dan Penyemprotan Desinfektan dalam Rangka Menjaga Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur

Penulis

Ahmad Jupri , Eka S Prasedya , Tapaul Rozi , Ngakan Putu Bagus Mahaputra , Moh. Ihwan Gani , Abdul Karim Munzil

Diterbitkan:

2021-10-27 — Diperbaharui pada 2021-10-27

Versi:

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

Covid-19, Vaksinasi, Desinfektan, Kesehatan.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Prasedya, E. S., Rozi, T., Mahaputra, N. P. B., Gani, M. I., & Munzil, A. K. (2021). Partisipasi Mahasiswa KKN UNRAM dalam Kegiatan Vaksinasi dan Penyemprotan Desinfektan dalam Rangka Menjaga Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong, Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1044

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penyebaran virus corona atau Covid-19 belum kunjung reda hingga saat ini. Sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kelurahan Rakam bersama TNI, POLRI dan Tim Satgas Covid-19 melaksanakan penyemprotan cairan Desinfektan sterilisasi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberitahu akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan pada Era New Normal ini, serta kegiatan tersebut diharapkan juga untuk membantu memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang semakin marak. Metode sosialisasi yang dilakukan yakni Pertama, mahasiswa KKN Unram bersama anggota kepolisian Polsek Selong dan para staf kelurahan Rakam melakukan penyemprotan Desinfektan ke tempat-tempat yang menjadi pusat berkumpul masyarakat serta kawasan yang rentan menjadi pusat persebaran virus corona. Kedua, mahasiswa KKN Unram ikut serta berperan aktif dalam kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh Kelurahan Rakam bersama anggota kesehatan dari Puskesmas Selong di SDN 2 Rakam. Upaya edukasi dan komunikasi kepada masyarakat harus dilakukan seimbang antara vaksinasi dan protokol Kesehatan, di beberapa titik lokasi seperti di Masjid dan Pasar Kelurahan Rakam. Pasalnya langkah penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa dilakukan secara tunggal dengan vaksinasi, harus komprehensif dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang ketat demi menekan lebih banyak jumlah orang yang terinfeksi dan masyarakat perlu diingatkan terus menerus tentang pentingnya prokes sebagai intervensi yang penting juga selain vaksinasi.

Referensi

Aini, A., & Sriasih, M. (2020). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2).

Brennan, O. C., Moore, J. E., Moore, P. J., & Millar, B. C. (2021). Vaccination terminology: A revised glossary of key terms including lay person’s definitions. Journal of Clinical Pharmacy and Therapeutics.

Chung, J. Y., Thone, M. N., & Kwon, Y. J. (2020). COVID-19 vaccines: The status and perspectives in delivery points of view. Advanced drug delivery reviews.

Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan perubahan komunikasi sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94-102.

Deshmukh, S. P., Patil, S. M., Mullani, S. B., & Delekar, S. D. (2019). Silver nanoparticles as an effective disinfectant: A review. Materials Science and Engineering: C, 97, 954-965.

Efelina, V., Dampang, S., Maulana, I., Adam, R. I., Purwanti, E., Rahmadewi, R., & Nugraha, B. (2021). Penggunaan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan dalam Pencegahan Covid-19 di Masa Pandemi (Studi Kasus di Desa Margasari). SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 368-373.

Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Legislatif, 385-398.

Husada, D. (2020). Vaksin SARS-CoV-2: Tinjauan Kepustakaan. Journal of The Indonesian Medical Association, 70(10), 228-242.

Kohari, K. (2021). Ijma'about Prayer Wearing Mask During the Covid-19 Pandemic. Spektra: Jurnal ilmu-ilmu sosial, 3(1), 11-22.

Lai, C. C., Shih, T. P., Ko, W. C., Tang, H. J., & Hsueh, P. R. (2020). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges. International journal of antimicrobial agents, 55(3), 105924.

Mahrus, M., Ainun, M. N., Taufikurahman, T., Safrillah, A., Ramadan, E. F., & Ayuningtias, W. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pembelajaran Door to Door di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Periyasamy, A. P., Venkataraman, M., & Militký, J. (2021). 2 Protection against Microbes. Textiles and Their Use in Microbial Protection: Focus on COVID-19 and Other Viruses, 2.

Petrosillo, N., Viceconte, G., Ergonul, O., Ippolito, G., & Petersen, E. (2020). COVID-19, SARS and MERS: are they closely related. Clinical Microbiology and Infection, 26(6), 729-734.

Tahun, O. D., & Barkah, A. (2021). Perilaku Five Moment for Hand Hygiene Mahasiswa DIII Keperawatan Pada Era Pandemi Covid-19. JURNAL ANTARA KEPERAWATAN, 4(2), 76-80.

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).