Pelaksanaan Workshop dan Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Promosi dan Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Rakam Agar Semakin Maju dan Berkembang

Penulis

Ahmad Jupri , Eka S Prasedya , Tapaul Rozi , Ambrosia Christava Niwanoti Serrao , Baiq Yolanda Ika Anggari , Baiq Alia Zuhro Mustikawati

DOI:

10.29303/jpmpi.v5i1.1045

Diterbitkan:

2022-01-19

Terbitan:

Vol 5 No 1 (2022): Januari - Maret

Kata Kunci:

UMKM, Digital Marketing, Kreatif, Inovatif.

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Jupri, A., Prasedya, E. S., Rozi, T., Serrao, A. C. N., Anggari, B. Y. I., & Zuhro Mustikawati, B. A. (2022). Pelaksanaan Workshop dan Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Promosi dan Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Rakam Agar Semakin Maju dan Berkembang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 81–85. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1045

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Kelurahan Rakam merupakan salah satu daerah di wilayah Lombok Timur yang cukup berkembang di bidang perdagangan dan masyarakatnya memiliki berbagai macam jenis profesi salah satunya adalah pedagang. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai pemilik UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sehingga memerlukan pemahaman dan pengetahuan serta skill tentang berwirausaha. Workshop ini bertujuan untuk membantu perkembangan UMKM yang ada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat Khususnya di wilayah Kelurahan Rakam, Kabupaten Lombok Timur. Salah satu strategi yang dapat ditempuh adalah dengan memanfaatkan digital marketing, Teknik yang dilakukan menyiapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasaran seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Kita juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten. Ketiga, mulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback, kemudian yang terakhir masuk dan bergabung dengan forum marketplace public. Dalam workshop tersebut disampaikan hal-hal yang perlu disiapkan agar terwujudnya digital marketing. Melalui penelitian ini diharapkan Pelaku UMKM mengetahui cara atau strategi yang diterapkan untuk dapat membantu perkembangan UMKM agar lebih kreatif dan inovatif yang ada di wilayah Kelurahan Rakam.

Referensi

Angellia, F., Cahya, W., Ramadhan, R., & Hariyansah, I. (2020). Sosialisasi Penggunaan Virtual Meeting Untuk Mendukung Kegiatan Bisnis UMKM di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pengabdian Teratai, 1(2), 206-213.

Indonesia, R. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil, dan menengah. Republik Indonesia, Jakarta.

Jupri, A., Herlembang, B., Ariyansyah, M. A. J., Anggari, B. Y. I., Rozi, T., & Prasdyai, E. S. (2021). Pendampingan Branding Packaging dan Digital Marketing Pada Produk UMKM Keripik Talas di Lingkungan Bagek Longgek, Kelurahan Rakam. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Mustain, K., Safitri, N., Nurifansyah, N., Munajab, A., Fahira, N. S., Fatihin, M. K., ... & Saloko, S. (2021). Pengenalan Digital Marketing dan Inovasi Produk “Jeger†Guna Mendukung Pemasaran dan Peningkatan Mutu Kerupuk Singkong di Kel. Geres, Kec. Labuhan Haji, Kab. Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3).

Purwaningsih, E., Suhaeri, S., & Ariyanti, E. R. N. (2020). Branding Produk UMKM Kampung Wisata Bisnis Tegal Waru melalui Reputasi Merek dan Basis Informasi Teknologi. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(1), 60-69.

Struggles, H. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis, 1.

Wahyu, R. (2021). Analisis Kemampuan Wirausaha dan Peluang Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada Kegiatan Pelaku UKM binaan UKM Center Universitas Pembangunan Panca Budi Medan. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 1(01).

Biografi Penulis

Ahmad Jupri, Universitas Mataram

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).