Pendidikan Lingkungan Melalui Sekolah Alam Edukasi Mangrove di Literasi Pesisir Dusun Cemare
DOI:
10.29303/jpmpi.v8i2.10480Diterbitkan:
2025-06-03Terbitan:
Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025Kata Kunci:
Edukasi, Ekosistem Mangrove, Media Ajar, Literasi, NumerasiArtikel
Unduhan
Cara Mengutip
Metrik
Abstrak
Hutan mangrove yang berperan penting dalam melindungi pantai dari abrasi, menjadi habitat biota laut, dan menyerap karbon. Namun, mangrove terancam oleh konversi lahan, aktivitas tak berkelanjutan, dan minimnya kesadaran masyarakat. Program ini bertujuan membangun generasi yang peduli lingkungan serta mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam pelestarian pesisir. Pendekatan ini diharapkan mampu menciptakan generasi yang tidak hanya memiliki pengetahuan lingkungan, tetapi juga memiliki kepedulian dan keterampilan untuk berkontribusi dalam upaya pelestarian. Program ini diawali dengan observasi lapangan dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang kondisi geografis serta pemahaman masyarakat setempat terkait ekosistem mangrove. Hasil observasi digunakan untuk merancang media ajar berupa buku identifikasi spesies mangrove, buku tentang ekosistem mangrove, buku asosiasi hewan di mangrove, serta permainan edukatif tentang rantai makanan di mangrove. Berdasarkan hasil kegiatan, penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media ajar berupa poster rantai makanan mangrove, gambar fauna ekosistem mangrove, dan buku tentang jenis-jenis mangrove efektif meningkatkan pengetahuan anak-anak tentang ekosistem mangrove.
Referensi
Alnursa, D. S. (2022). Manfaat Hutan Mangrove dalam Kehidupan Masyarakat di Kelurahan Guraping Kecamatan Oba Kabupaten Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(21), 698-706.
Japa, L., Syukur, A., & Syachruddin, S. (2021). Pemanfaatan Lingkungan Ekosistem Mangrove sebagai Laboratorium Alam dalam Pelajaran IPA Siswa Madrasah Tsanawiyah NW Nurul Ihsan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 188-195.
Kautsari, N., Rhismanda, A., & Abdillah, D. (2022). Literasi Laut Untuk Anak-Anak Pesisir Prajak Sebagai Upaya Membentuk Generasi Yang Bertanggung Jawab Terhadap Pemanfaatan Laut. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), 06-13.
Leonard, R. (2023). Program Pemanfaatan Ekowisata Mangrove Sebagai Sarana Nanlohy, L. H., & Masniar, M. (2020). Manfaat Ekosistem Mangrove Dalam Meningkatkan Kualitas Lingkungan Masyarakat Pesisir. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 1- Pendidikan Lingkungan Melalui Sekolah Alam Di Smpn 4 Panarukan Situbondo Jawa Timur. Mimbar Integritas: Jurnal Pengabdian, 2(1), 40-
Mahmuda, R., Aritonang, D., Evitrisna, E., & Harefa, M. S. (2023). Mengatasi Dalam Rehabilitasi Di Kawasan Mangrove Di Paluh Merbau, Tanjung Rejo, Kabupaten Deli Serdang. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 553-565.
Putri, D. P., & Kurniawan, D. T. (2017). Pengembangan Desain Poster Edukasi Ekologi Sebagai Upaya Meningkatkan Wawasan Lingkungan Wisatawan Hutan Mangrove Karangsong Kabupaten Indramayu. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 14 (1), 258-262.
Rozi, M., David, A ., Evitrisna ., & Melinda, S, H (2023). Mengatasi dalam Rehabilitasi di Kawasan Mangrove Palung Merbau Tanjung Rejo, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Multidisiplin Indonesia. 2(3). 533 Ilmiah.
Setyowati, D., Nurcahyo, M. A., Afryaningsih, Y., Fatmawati, R. A., & Didik, D. (2023). Pemanfaatan Hutan Mangrove sebagai Pendidikan Dasar Lingkungan Hidup. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 530-537.
Suprayetno, E ., Yusrah., & Alfia, S. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Al Maksum Langkat. Jurnal Sintakis.5
Supriyadi, A. (2020). Peran Interaksi Ekologis dalam Ekosistem Mangrove. Jurnal Ekologi Mangrove, 12(2), 45-60.
Tang, M., Nur, A. I., & Ramli, M. (2016). Studi Kondisi Ekosistem Mangrove dan Produksi Detritus di Pesisir Kelurahan Lalowaru Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Manajemen Sumber Daya Perairan, 1(4), 439-450.
Yusrini, L., & Eviana, N. (2019). Perencanaan Program Interpretasi Wisata Alam Berbasis Konservasi Mangrove Di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakar, Jurnal Eduturisma, 1(4), 1-23.
Biografi Penulis
Hesti Nabila, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hesti Nabila, Dian Napsita, Eva Anggraini, Nadia Evi Sulistianawati, Ni Nengah Cindy Sri Deayantika, Ila Safitri, Didik Santoso, Tri Ayu Lestari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:
- Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
- Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).