Pengembangan Budidaya Sayur Organik di Pesantren Nurul Islam Jember dengan Teknologi Komposting Takakura dan Sistem Tanam Vertikultur

Penulis

Mohammad Nur Khozin , Dwi Erwin Kusbianto , Sholeh Avivi , Bakhroini Habriantono , Riza Yuli Rusdiana

Diterbitkan:

2021-10-29

Terbitan:

Vol 4 No 4 (2021)

Kata Kunci:

organic vegetable cultivation, santri, takakura technology and verticulture

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Khozin, M. N., Dwi Erwin Kusbianto, Sholeh Avivi, Bakhroini Habriantono, & Riza Yuli Rusdiana. (2021). Pengembangan Budidaya Sayur Organik di Pesantren Nurul Islam Jember dengan Teknologi Komposting Takakura dan Sistem Tanam Vertikultur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4). Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1052

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Nurul Islam Islamic boarding school Jember is one of the modern Islamic boarding schools that teaches religion, science, and technology. Organic vegetable cultivation training using Takakura technology and a verticulture planting system aims to increase the knowledge awareness, and skills of the students. Besides, this activity has a positive impact on health, waste management, environmental harmony, vegetable crop production, land effectiveness and adds economic value. Takakura technology produces odorless and nutritious compost products. Takakura compost is used as a growing medium in verticulture pipes. The skills of cultivating organic vegetables using Takakura technology and a verticulture planting system are very useful for the students. Technically, the implementation of this program includes material presentation, leaflet giving, and hands-on practice. Cultivation that is carried out includes making media, preparing seeds, preparing planting media, transplanting seeds into verticulture media, and plant care. The result of training activity can improve the knowledge and competence of student to produce organic fertilizer and vegetable through the technology that transfer for them.

Referensi

Syukur, M., dan Melati, M. 2016. Pengembangan Sayuran Organik. Bogor: IPB Press.

Murbandono, L. 2006. Membuat Kompos. Jakarta: Penebar Swadaya.

Rezagama, A., dan Samudro, G. 2015. Studi Optimasi Takakura dengan Penambahan Sekam dan Bekatul. Jurnal Presipitasi, 12(2), 66-70.

Alfian, R., Darmawan, H., dan Nailufar, B. 2018. Pertanian Perkotaan Organik di Kecamatan Cemoro Kandang, Kota Malang, Jawa Timur. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 3(2), 90-97.

Sesanti, R.N., Sismanto., Hidayat, H., Nuryanti, N.S.P., dan

Handayani, S. 2013. Budidaya Sayuran Organik dengan Sistem Vertikultur Upaya Peningkatan Pendapatan Warga di Perumahan Sejahtera Hajimena Lampung Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(4), 369-381.

Kusumo, R.A.B., Sukayat, Y., Heryanto, M.A., dan Wiyono, S.N. 2020. Budidaya Sayuran Dengan Teknik Vertikultur untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga di Perkotaan. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 9(2), 89-92.

Biografi Penulis

Mohammad Nur Khozin, Universitas Jember

Lisensi

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).