Sosialisasi Fungsi Buraketto Pada Konstruksi Jembatan Bagi Siswa SMA di Oogi, Kota Taketa, Prefektur Ooita, Jepang

Penulis

Muhammad Bagir Al’jufri , Hariyadi Hariyadi , Hartana Hartana

DOI:

10.29303/jpmpi.v8i2.10521

Diterbitkan:

2025-06-06

Terbitan:

Vol 8 No 2 (2025): April-Juni 2025

Kata Kunci:

Buraketto technology, bridge construction, safety socialization, earthquake resistance

Artikel

Unduhan

Cara Mengutip

Al’jufri, M. B., Hariyadi, H., & Hartana, H. (2025). Sosialisasi Fungsi Buraketto Pada Konstruksi Jembatan Bagi Siswa SMA di Oogi, Kota Taketa, Prefektur Ooita, Jepang. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 8(2), 432–435. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v8i2.10521

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The construction of infrastructure in the form of a bridge carried out by a Japanese company, Takayama Gumi, aims to increase the strength of bridge infrastructure and provide regional connectivity. The installation process for bridge construction ensures the strength and durability of the structure during an earthquake. In the development process, socialization involved various parties, such as the government and educational institutions, to provide an understanding of the importance of bracket technology, known well in Japan as Buraketto, in bridge construction. The socialization aims to increase awareness of the importance of Buraketto technology as earthquake resistance, explain the positive impacts of its use, and improve occupational safety. This socialization was done through presentations and field surveys, where the students were allowed to see firsthand the process of installing Buraketto. As a result, students' comprehensive understanding of Buraketto as an earthquake-resistant technology increases, and students gain more enthusiasm for studying civil engineering as a career option in the future.

Referensi

Indonesia, Pemerintah Republik. "Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan." Sekretaris Negara Republik Indonesia, Jakarta (2004).

Lapis, J. O., Balamba, S., Sompie, O. B., & Sarajar, A. N. (2013). Analisis Kestabilan Pondasi Jembatan Studi Kasus: Jembatan Essang-Lalue. Jurnal Sipil Statik, 1(11).

Asrurifak, M., Irsyam, M., & Aldiamar, F. (2012). Seismik hazard dan pembuatan peta gempa untuk perencanaan konstruksi jembatan tahan gempa. In Workshop Peta Gempa dengan Level Hazard untuk Konstruksi Jembatan Puslitbang Jalan dan Jembatan.

Jurnal, J. (2023). Evaluasi Kinerja Struktur Jembatan Kabel Pancang Pasupati Bandung.

Parashakti, R. D. (2020). Pengaruh Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (k3), Lingkungan Kerja Dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 290-304.

Fadillah, M. R. (2020). Metode analisis perhitungan struktur bangunan tahan gempa. Jurnal student teknik sipil, 2(3), 176-182.

Biografi Penulis

Muhammad Bagir Al’jufri, Universitas Mataram

Hariyadi Hariyadi, Universitas Mataram

Hartana Hartana, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Bagir Al’jufri, Hariyadi Hariyadi, Hartana Hartana

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang akan mempublikasikan Artikelnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA harus menyetujui ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis dapat mempertahankan Hak Cipta Artikel yang akan di publikasikan dan penulis memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Penabdian Magister Pendidikan IPA dengan pekerjaan secara bersamaan dan berlisensi di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  2. Penulis dimasukkan dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (misalnya: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkan artikel dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA.
  3. Penulis diizinkan dan anjurkan untuk mem-posting Artikelnya secara online (misalnya: di repositori institusional atau di website mereka - socmed) setelah diterbitkan oleh Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, hal ini bertujuan untuk mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya capaian pengutipan Artikel (H-Index) lebih banyak. (Lihat Efek Akses Terbuka).